Jaga Kesehatan dengan Makanan Bergizi Seimbang

  • Bagikan

Kenali.co.id, JAKARTA – Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang wajib dilakukan selama masa pandemi Covid-19. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Mengutip unggahan Instagram resmi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, mengonsumsi makanan bergizi seimbang dapat dilakukan dengan mengikuti panduan lengkap isi piringku yang telah dicanangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

1. Makanan Pokok

150 gram nasi = 3 centong nasi/3 buah kentang/1,5 gelas mie kering.

Karbohidrat sebagai makanan pokok direkomendasikan sebanyak 2/3 bagian dari setengah isi piring, untuk satu kali makan. Sumber karbohidrat tak hanya nasi, dianjurkan mengonsumsi lebih dari satu jenis makanan pokok dalam sehari.

2. Lauk Pauk

Lauk pauk hewani: 75 gram ikan kembung/1 butir telur ayam/2 potong daging sapi.

Lauk pauk nabati: 2 potong sedang tempe.

Terdiri dari hewani dan nabati, pilihan lauk pauk tentu saja tidak ada habisnya. Namun, seseorang dianjurkan mengonsumsi lauk pauk 1/3 dari setengah isi piring untuk sekali makan.

3. Sayuran

Sayuran 150 gram = 1 mangkok sedang.

Kelompok pangan ini masih kurang diminati, padahal sayuran adalah sumber penting dari banyak nutrisi. Tak heran jika konsumsi sayur untuk sekali makan direkomendasikan sebanyak 2/3 bagian dari setengah isi piring.

4. Buah

150 gram pepaya = 2 potong sedang/2 buah jeruk sedang/1 buah kecil pisang ambon.

Selain mengandung vitamin dan mineral sebagai antioksidan, buah juga menjadi sumber serat pangan yang baik untuk pencernaan. Karena kekayaan nutrisinya, konsumsi dianjurkan sebanyak 1/3 dari setengah isi piring untuk sekali makan.(Anggie/kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *