WISATA  

Jangan Cuma Piknik ke Tempat Wisata, Coba Cicipi 6 Makanan Khas Subang Ini

Kenali.co.id – Keberadaan destinasi wisata selalu diimbangi dengan pilihan kuliner yang beragam. Berbagai wilayah di Indonesia memiliki kawasan wisata dan kuliner yang menarik, tak terkecuali Kabupaten Subang.

Saat berkunjung ke Kabupaten Subang, sempatkan untuk mencicipi berbagai makanan dan kudapannya yang lezat. Berikut beberapa kuliner Subang yang tak boleh dilewatkan:

1. Bubuy Hayam

Bubuy hayam atau bubuy ayam merupakan salah satu makanan khas Subang yang cukup populer. Makanan ini dibuat dengan menggunakan bumbu khas warisan turun-temurun, sehingga bisa menghasilkan rasa yang khas.

Sekilas, hidangan ini memiliki tampilan dan bentuk seperti pepes. Namun, keduanya merupakan sajian yang berbeda.

Sebelum diolah, ayam dipendam terlebih dahulu dalam bara abu selama 5-10 jam. Proses ini membuat daging ayam menjadi sangat empuk saat disantap.

2. Dodol Nanas

Daerah Subang dikenal sebagai salah satu penghasil nanas dengan kualitas dan cita rasa terbaik. Tak heran jika di wilayah ini juga ada beberapa camilan yang diolah dari nanas, salah satunya dodol nanas.

Dodol nanas juga merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib diburu. Selain nanas, makanan ini juga dibuat dari tepung ketan dan gula.

3. Keripik Nanas

Selain dodol nanas juga ada olahan nanas khas Subang lainnya yang patut dicoba, yaitu keripik nanas. Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan ini di berbagai toko oleh-oleh di Subang.

4. Oncom Dawuan

Makanan khas Subang selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah oncom dawuan. Subang maupun Jawa Barat memang merupakan daerah penghasil oncom yang paling terkenal.

Sementara penghasil oncom terbesar di Subang adalah Dawuan. Tak heran jika oncom khas Subang ini diberi nama oncom dawuan.

Baca Juga :  Buka Puasa dengan Menu Nasi Kebuli dan Sop Buntut Legendaris di Hotel Bintang 5

Oncom dawuan masih diproduksi dengan bahan alami dan cara yang tradisional. Oncom ini terbuat dari kacang tanah berkualitas tinggi dengan proses pengolahan yang masih menggunakan tungku api tradisional.

5. Peuyeum atau Tape Ketan Khas Subang

Salah satu makanan khas Subang lainnya yang wajib dicoba adalah peuyeum atau tape ketan. Selain disantap langsung, makanan ini juga bisa dijadikan campuran pada es campur.

6. Tutut Soding

Tutut soding dibuat dengan menggunakan bahan utama keong. Selain lezat, sajian ini juga mengandung protein tinggi.

Tutut soding dimasak dengan cara yang sangat sederhana. Keong yang sudah dibersihkan dimasak dengan berbagai bahan, seperti kunyit, garam, laos, gula, serai, jahe, dan bahan-bahan lainnya. Proses memasaknya pun hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit saja.

(*Reno Pratama/Kenali.co.id)