Jenderal TNI Dudung Lantik Mantu Luhut Jadi Pangkostrad

jendral
Mayjen TNI Maruli Simanjuntak (dimas/kenali.co.id)

Kenali.co.id, NASIONAL – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman hari ini dijadwalkan akan melantik menantu Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan, prosesi Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangkostrad akan digelar bersamaan dengan sejumlah Badan Pelaksana lainnya di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) pada hari ini, Senin, 31 Januari 2022. Prosesi pelantikan akan digelar secara tertutup.

“Serah terima jabatan mulai Pangkostrad sampai dengan Badan Pelaksana lainnya akan dilaksanakan hari ini di Lantai 3 Gedung Nasution Mabes TNI AD langsung dipimpin oleh Bapak Kasad,” kata Kadispenad Brigjen TNI Tatang Subarna melalui keterangan resminya, Senin, 31 Januari 2022

Sebagaimana diketahui, kursi atau jabatan Pangkostrad telah mengalami kekosongan sekitar dua bulan setengah lamanya. Kekosongan kursi pucuk pimpinan pasukan tempur Kostrad itu terjadi setelah Presiden RI Joko Widodo melantik Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada tanggal 17 November 2022 lalu. Dengan dilantiknya Mayjen TNI Maruli Simanjuntak ini maka tongkat komando Kostrad kini akan dipegang oleh Jenderal Bintang Tiga TNI Angkatan Darat yang pernah dibesarkan oleh Korps Baret Merah atau Kopassus.

Sebagaimana yang telah diberitakan VIVA Militer sebelumnya, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada saat memimpin Apel Gelar Pasukan di Monas, Jakarta Pusat pekan lalu telah mengatakan, bahwa dirinya akan melantik Pangkostrad bersamaan dengan pelantikan sejumlah Pangdam yang juga mengalami rotasi atau mutasi jabatan sesuai dengan Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Nomor 66/I/2022.

Baca Juga :  Jokowi Diultimatum oleh BEM SI

“Pangkostrad akan dilantik bersama-sama dengan Pangdam Udayana, Pangdam lainnya direncanakan kalau tidak salah hari Senin tanggal 31 Januari,” kata KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada hari Selasa, 25 Januari 2022 lalu.

Dalam Surat Keputusan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI itu dijelaskan, bahwa Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana akan menempati jabatan barunya sebagai Pangkostrad. Sementara, posisi Pangdam IX/Udayana akan diisi oleh Mayjen TNI Sonny Aprianto yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi III Bidang Kontra Intelijen BIN. (Dimas/Kenali.co.id)