NEWS  

Kala Capres Ganjar Napak Tilas Tempat Kos Zaman SMA di Yogyakarta, Tinggal Bareng Dua Saudara

Kala Capres Ganjar Napak Tilas Tempat Kos Zaman SMA di Yogyakarta, Tinggal Bareng Dua Saudara

KENALI.CO.ID – Calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo melakukan napak tilas dengan tempat kosnya dahulu saat masih mengenyam bangku SMA di Kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (16/11/2023). Hal itu di lakukan Ganjar sembari jalan sehat pagi hari ini.

Berdasarkan foto-foto di terima melalui siaran pers, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu langsung bernostalgia mulai dari tempatnya mencuci baju hingga kamar tempatnya beristirahat.

Ganjar Pranowo mengaku senang bisa kembali melihat tempat kos-kosan tempatnya dahulu. Sebab Mantan anggota DPR ini menyebut, kosan tersebut telah meninggalkan jejak kenangan perjuangan bersama dua saudaranya saat itu.

“Ini kosnya, sekarang kamarnya sudah di tempati orang. Dulu saya tempati bersama dua saudara saya. Dulu kalau mau sekolah jalan kaki karena tidak punya motor,” kenang Ganjar seperti di kutip dari siaran pers, Kamis (16/11/2023).

Pemilik kos, Tatak mengatakan Ganjar adalah seorang yang hidup dengan penuh kesederhanaan dengan dua saudara yang lain.

“Dulu kalau mau makan, Pak Ganjar masak sendiri dengan saudaranya. Orangnya baik dan pendiam,” tutur Tatak.

Kosan Ganjar kini telah di huni oleh pasangan suami istri, Deni dan Puput. Mereka yang berasal dari Sukoharjo mengaku kaget sekaligus terharu bisa kedatangan Ganjar.

“Iya saya tidak menyangka kalau kos ini dulu kosnya Pak Ganjar. Saya rasanya senang sekali,” imbuh Puput yang mengaku telah menghuni kos berukuran sekitar 2×3 meter itu sejak dua tahun lalu.

Puput menilai Ganjar sebagai figur yang baik dan cerdas. Dia mendoakan Ganjar jadi Presiden Indonesia periode 2024-2029.

“Pak Ganjar orangnya baik, ramah dan ganteng. Semoga bisa jadi presiden,” doa dia.

Baca Juga :  Lembaga Asing Survei Pemenang Pilpres RI, Capres Ini Juara

Di ketahui, kedatangan Ganjar juga menyita perhatian masyarakat sekitar. Masyarakat bersalaman, menyapa hingga berswafoto dengan Ganjar. Ia pun melayani dengan ramah karena masih ingat satu per satu nama mereka.

Ganjar – Mahfud Md Nomor Urut 3

Sebelumnya, tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden resmi mengikuti pengundian nomor urut kontestasi Pilpres 2024. Pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud Md yang di dukung ole 4 partai politik ini mendapatkan nomor urut 3

Pengundian nomor urut berlangsung di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 14 November 2023.

Dalam pengundian nomor urut capres-cawapres ini, KPU menggunakan mekanisme dua tahap. Pertama, adalah pengambilan nomor antrean untuk mengambil nomor urut dilakukan oleh cawapres.

Cawapres yang mengambil nomor urut pertama adalah Muhaimin Iskandar (Cak Imin) karena ia melakukan pendaftaran pertama ke KPU. Kemudian, pengambilan nomor urut pasangan calon di lakukan oleh capres. Selanjutnya, tiap capres membuka nomor urut yang sudah di ambil.

Sebelumnya, KPU telah resmi menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden sebagai kontestan pilpres 2024. Penetapan tiga pasangan itu setelah KPU berdasarkan hasil verifikasi dokumen hingga tes kesehatan.

Tiga pasangan yang di tetapkan yaitu, pasangan Anies-Muhaimin di usung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Kemudian, Ganjar-Mahfud yang di usung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Selanjutnya, pasangan Prabowo-Gibran yang di usung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Baca Juga :  Selain untuk Masak, Ini 6 Manfaat Tepung Maizena untuk Kecantikan

Kampanye Dimulai 28 November 2023

Sebelum mengumumkan penetapan capres-cawapres, KPU sudah menggelar rapat pleno secara tertutup.

“Tiga pasangan calon Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di nyatakan telah memenuhi syarat sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta pemilu 2019,” kata Anggota KPU Idham Holik di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin 13 November 2023.

“Hasil sidang pleno tersebut telah kami tuangkan dalam PKPU nomor 1631 tahun 2023,” kata Idham.

KPU RI telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Ganjar Pranowo Sebut Rakyat Sedang Disuguhkan ‘Drakor’ yang Tidak Perlu

Pasangan calon calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapatkan nomor urut tiga dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Dalam pidatonya, Ganjar menyinggung drama korea atau drakor yang berkaitan dengan demokrasi.

“Jadi kita mendapatkan nomor 3 itu pas, sesuai dengan sila ketiga, Persatuan Indonesia. Kita satukan semuanya dalam proses politik yang menggembirakan. Bapak Ibu yang saya hormati, itulah kegembiraan yang seharusnya kita dapatkan, tapi beberapa hari ini kita sedang disuguhkan untuk menonton drakor yang sangat menarik,” ujar Ganjar Pranowo di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Selasa 14 November 2023.

“Drama-drama itulah yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Dan malam ini memang seharusnya kita sedang memulai, memulai sesuatu perayaan demokrasi melalui pemilu. Namun melihat situasi belakangan ini tentu kami mendengarkan banyak pihak,” sambungnya.

Ganjar menangkap kegelisahan dalam suasana kebatinan yang muncul di masyarakat, baik dari tokoh agama, guru bangsa, seniman, budayawan, jurnalis, hingga aktivis mahasiswa.

Baca Juga :  Skandal Pengiriman Mahasiswa Ferienjob ke Jerman, Kasus TPPO Diselidiki oleh Bareskrim Polri dan Polda Jambi

“Dan semuanya sedang menyuarakan kegelisahan itu. Kewajiban kita bapak ibu untuk menjaga, karena kalau kita merasakan itu, rasanya demokrasi harus kita pastikan bahwa demokrasi bisa baik meskipun sekarang belum baik-baik saja. Kita harus sampaikan itu,” jelaa dia.

Ganjar mengaku yakin masyarakat Indonesia dapat menjaga berjalannya demokrasi khususnya dalam pilpres 2024.

“Saya tenang kok, dan kami ini tenang semua, karena kami sangat yakin ada rakyat Indonesia bersama kami untuk menjaga demokrasi di negeri ini,” Ganjar menandaskan.

(*ZUKI/KENALI.CO.ID)