Kecap dan Bumbu Penyedap Jadi Produk Terlaris Unilever Food Solutions

KENALI.CO.ID – Gemita Pasaribu, Managing Director Unilever Food Solutions Indonesia, mengungkapkan tiga produk terlaris dari Unilever Food Solutions.

Produk terlaris (best seller) kami adalah Kecap BangoKnorr Chicken Powder, dan Royco. Sering dipakai dalam masakan Indonesia ya,” kata Gemita saat ditemui media usai jumpa pers tren kuliner Future Menu 2024, Senin (4/11/2024).

Divisi bisnis Unilever yang menyasar kalangan pengusaha kuliner ini mencatat, sekitar 74-75 persen produk yang dijual relevan dengan masakan Indonesia.

“Masakan Indonesia kan banyak tumisan, kemudian goreng (deep fried). Ada soto, bakso, dan lainnya,” tambah Gemita.

Soal target pasar pebisnis yang dituju, ia mengungkapkan, Unilever Food Solutions mencakup seluruh bisnis makanan kecil maupun besar.

Secara rata-rata, mereka banyak didominasi oleh pelanggan bisnis kelas menengah hingga bawah.

“Konsumen kami mencakup bisnis kecil sampai besar, banyak di kelas middle ke bawah, seperti food court dan warteg,” ujar Gemita.

Total hampir 100 produk Unilever Food Solutions dijual di toko grosir hingga e-commerce, yang menurut Gemita, pembelian online via e-commerce kian meningkat sejak pandemi Covid-19.

Kaldu nabati tanpa MSG, Knorr Mushroom Vegetable Seasoning. (DOK. Unilever Food Solutions)

Perubahan Konsumen

Lebih lanjut, dirinya juga memerhatikan perubahan kebiasaan bersantap di luar (restoran) oleh masyarakat Indonesia.

Merespons kondisi ekonomi Indonesia yang memengaruhi penurunan kelas menengah, Gemita mengungkapkan, pengeluaran masyarakat Indonesia untuk bersantap di luar rumah cukup dinamis.

“Sebenarnya hanya terjadi penyesuaian. Jadi kan ada fenomena ‘makan tabungan’ lah, segala macam. Memang banyak rasionalisasi yang dilakukan oleh para penikmat kuliner,” ujar dia.

“Sebenarnya hanya terjadi penyesuaian. Jadi kan ada fenomena ‘makan tabungan’ lah, segala macam. Memang banyak rasionalisasi yang dilakukan oleh para penikmat kuliner,” tambah Gemita.

Baca Juga :  5 Kuliner Malam di Jogja yang Populer, Siap Manjakan Lidah

Pendekatan pada konsumen bisnis juga terus dilakukan perusahaan ini.

Misalnya, kunjungan pada restoran-restoran besar yang menjadi klien atau memberikan inovasi menu bagi pelaku bisnis UMKM.

“Karena target audience cukup besar, kami tetap inspiring each of them sesuai dengan apa yang menjadi passionsignature dish mereka. Bisa warung soto, rawon. Lewat konten di media sosial, kami bagikan cara membuat soto yang enak,” ungkap dia.

 

kenali.co.id