⌾ KENALI INFO
KEJAKSAAN TEMUKAN 50 STEMPEL BERBAGAI JENIS YANG MASIH BASAH KANTOR KPU TANJABTIM ◉ UANG SITAAN RP 230 JUTA DARI KANTOR KPU TANJABTIM DITITIP KE KAS NEGARA ◉ 4 RUANGAN KPU TANJABTIM MASIH DIPASANG SEGEL KEJAKSAAN SELAMA 4 HARI ◉ KETUA KPU TANJABTIM NURKHOLIS TAK MASUK KERJA PASCA PENGGELEDAHAN YANG DILAKUKAN KEJAKSAAN ◉ SENGKETA LAPANGAN PEMUDA AKSO DANO, PULUHAN WARGA TOLAK PEMASANGAN PLANG PEMERINTAH OLEH JAKSA PENGACARA NEGARA ◉ TANAH LONGSOR, AKSES JALAN MENUJU 7 DESA DI KECAMATAN BATANG ASAI PUTUS TERIMBUN MATERIAL LONGSOR ◉ RUMAH WARGA DI DESA BATU PENYABUNG SAROLANGUN NYARIS TERJUN KE JURANG SEDALAM 8 METER AKIBAT TANAH LONGSOR ◉ KAPOLRES BUNGO TEMUKAN PERALATAN PETI DI DEKAT AREA BANDARA ◉ KASUS PERCERAIAN DI TANJABTIM SELAMA MASA PANDEMI MENCAPAI 315 KASUS ◉ KPK MINTA PEMKOT JAMBI MENGOPTIMALKAN PAD DAN TERTIBKAN ASET ◉ WALIKOTA SYARIF FASHA JADI PEMATERI LITERASI DIGITAL YANG DISELENGGARAKAN DPR RI ◉ WAWAKO MAULANA PAPARKAN PERKEMBANGAN WISATA DANAU SIPIN DALAM KEGIATAN TEMASEK FOUNDATION URBAN RESILENCE PROGRAMME 2021 ◉ GUBERNUR AL HARIS LANTIK MUCHLIS SEBAGAI KOMISARIS DAN DAN MUDASIR SEBAGAI DIREKTUR PT JII ◉ PEMPROV JAMBI TERIMA PIAGAM DAN PLAKAT PENGHARGAAN OPINI WTP DARI KEMENKEU ◉ GUBERNUR AL HARIS CEK ISOTER DAN RSUD RADEN MATTAHER JAMBI ◉ ISOTER ASRAMA HAJI DAN BPSDM DITUTUP SEMENTARA KARENA PASIEN SUDAH MENURUN ◉ KABUPATEN MERANGIN DINYATAKAN NOL KASUS POSITIF COVID-19 ◉ KASUS AKTIF COVID-19 DI MUARO JAMBI TERUS MENGALAMI PENURUNAN ◉ SEKOLAH DI BATANGHARI BUTUH 35 ORANG PENGAWAS ◉

Kenalilah Penyakit Diabetes Sejak Dini!

  • Bagikan

Kenali.co.id, Jambi – Sebanyak 422 juta orang di seluruh dunia memiliki penyakit diabetes dan mayoritas berada pada negara dengan penghasilan menengah ke bawah. Kematian pertahunnya mencapai 1,6 juta jiwa yang diakibatkan oleh penyakit diabetes. Angka-angka tersebut akan terus naik dari tahun ke tahun. Maka dari itu, pemahaman mengenai penyakit diabetes diperlukan supaya kita bisa terhindar dari penyakit diabetes tersebut.

Apa Itu Diabetes?

Diabetes adalah penyakit dimana terdapat gangguan metabolisme yang bersifat kronis dengan adanya peningkatan kadar gula dalam darah. Penyakit diabetes yang berkelanjutan akan membawa dampak serius untuk kesehatan jantung, pembuluh darah, mata, ginjal dan sistem saraf. Diabetes yang umum menyerang orang dewasa adalah diabetes tipe 2, biasa menyerang tubuh ketika insulin dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik untuk mengatur kadar gula dalam darah. Pada tiga dekade terakhir, pengidap penyakit diabetes meningkat secara dratis di seluruh negara dengan berbagai jenis penghasilan.

Ciri-Ciri Diabetes

Sebuah studi menemukan bahwa seseorang dengan rata-rata usia 54.4 tahun memiliki penyakit diabetes dalam kurun waktu kurang lebih 4 bulan. Pada penderita diabetes, rata-rata HbA1C level di atas 7% yang menandakan kurangnya kontrol glikemik. Ada beberapa faktor risiko yang sering ditemukan pada penderita diabetes, yaitu dengan rata-rata BMI adalah 31.52 yang menandakan obesitas pada tubuh. Total kolesterol yang ada di tubuh adalah 4.43 mmol/L yang menandakan tidak memadainya managemen lemak.

Gejala Diabetes

Selanjutnya adalah gejala-gejala diabetes yang sering ditemui, antara lain:

  • Kencing dengan intensitas yang banyak dan sering
  • Mudah merasa kehausan
  • Mudah merasa lapar
  • Kehilangan berat badan
  • Memiliki pengelihatan yang samar
  • Adanya rasa yang mengelitik di area tangan atau kaki
  • Mudah merasa lelah
  • Memiliki kulit yang sangat kering
  • Tenggorokan terasa sakitdan susah sembuh
  • Luka yang sulit sembuh

Gejala-gejala di atas terjadi akibat kurang baiknya fungsi insulin dalam tubuh yang seharusnya berperan dalam mengatur kadar gula dalam darah.  Jika gejala-gejala di atas mulai dirasakan oleh tubuh dengan kadar dan waktu yang cukup lama, lebih baik segera hubungi dokter dan melakukan pemeriksaan.

Penyebab Diabetes

Ada banyak penyebab penyakit diabetes, tergantung pada tipe diabetes yang diderita. Berikut adalah beberapa penyebab diabetes yang terbagi dalam tipe-tipe penyakit diabetesnya, yaitu:

Diabetes Tipe 1

Penyebab diabetes tipe 1 adalah hancurnya atau tidak bekerjanya sel dalam pankreas yang menghasilkan insulin sehingga produksi insulin dalam tubuh tidak terpenuhi. Hal ini berkaitan erat dengan faktor genetik.

Diabetes Tipe 2

Penyebab diabetes tipe 2, kebanyakan berasal dari riwayat keluarga yang pernah terkena diabetes dan pola hidup yang tidak sehat. Faktor lainnya adalah karena obesitas, jarang bergerak atau beraktivitas, bertambahnya umur, dan diet yang salah.

Gestasional Diabetes

Gestasional diabetes atau diabetes yang ada dalam masa kehamilan ini belum memiliki penyebab yang pasti. Tetapi, ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab munculnya diabetes gestasional yaitu riwayat dari anggota keluarga yang pernah terkena diabetes, obesitas, adanya polycystic ovary syndrome (PCOS) dan kehamilan besar. Namun biasanya kondisi ini akan pulih setelah melahirkan.

Selain penyebab-penyebab spesifik di atas, penyebab lainnya adalah pankreatitis, sindrom cushing (peningkatan produksi hormon kortisol), dan diabetes steroid.

Obat Diabetes

Banyak perawatan dan obat yang dapat diberikan pada penderita diabetes. Perawatan yang biasa dilakukan adalah kombinasi dari obat-obatan, olahraga dan diet. Pemberian obat-obatan pada penderita diabetes juga akan berbeda-beda dan dengan intensitas yang berbeda pula tergantung pada tipe diabetes yang diderita. Berikut adalah beberapa contoh obat yang diberikan oleh penderita diabetes, antara lain:

  • Obat untuk meningkatkan produksi insulin, seperti klorpropamid (Diabinese), glimepiride (Amaryl), glipizide (Glucotrol), glyburide (DiaBeta, Glynase), dan banyak lainnya.
  • Obat untuk menurunkan penyerapan gula oleh usus, seperti acarbose (Precose) dan miglitol (Glyset).
  • Obat untuk meningkatkan produksi gula oleh hati dan meningkatkan resistensi insulin, seperti metformin (Glucophage).
  • Pramlinitide (Symlin) adalah hormone sintesis yang biasa disuntikkan.

Selain dengan bantuan obat-obat di atas, penderita juga memerlukan nutrisi dan waktu makan yang seimbang dan stabil. Pola makan ini juga nantinya akan dibantu dokter untuk menentukan bagaimana baiknya. Perubahan pola hidup dan perbanyak aktivitas atau olahraga juga disarankan untuk meningkatkan sirkulasi darah menjadi lebih baik.

Itulah beberapa informasi yang perlu diketahui mengenai penyakit diabetes. Semoga informasi yang dibagikan dalam artikel ini menambah wawasan dan menjadi pertimbangan Anda untuk selalu menjaga kesehatan tubuh Anda. Jagalah kesehatan dan lakukan pola hidup yang sehat supaya terhindar dari berbagai macam penyakit, terutama diabetes. (Yusuf/Kenali.co.id)


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *