Kenapa Protokol Kesehatan Perjalanan Sering Berubah?

  • Bagikan

Kenali.co.id,-JAKARTA – Belum lama pemerintah mewajibkan penggunaan tes PCR dalam perjalanan ke luar kota terutama naik pesawat, tidak lama aturan tersebut berganti dengan bisa menggunakan antigen saja. Seringnya aturan protokol kesehatan (prokes) yang berganti-ganti membuat bingung masyarakat.

Aturan protokol kesehatan sering mengalami perubahan sesuai dengan kondisi yang ada. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan kebijakan pengendalian Covid-19 sangat dinamis, termasuk protokol kesehatan pelaku perjalanan.

“Perlu menjadi perhatian perhatian masyarakat bahwa kebijakan pengendalian covid 19 amat dinamis. Termasuk terkait protokol kesehatan pelaku perjalanan demi aktivitas perjalanan yang aman di tengah pandemi,” katanya dikutip dari Kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (5/11/2021).

Dia menjelaskan perubahan protokol kesehatan pelaku perjalanan demi aktivitas perjalanan yang aman di tengah pandemi. Bahkan syarat pelaku perjalanan pun begitu beragam di berbagai negara, terkait kewajiban tes maupun durasi lama karantina.

“Kita bisa lihat bersama bahwa terdapat keberagaman kebijakan kewajiban testing sebelum keberangkatan, tes ulang saat kedatangan, maupun durasi lama karantina di beberapa negara,” katanya dikutip dari Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (5/11/2021).

Wiku mengatakan hal ini sesuai dengan studi kasus 131 negara di benua Eropa bahwa penyusunan kebijakan pelaku perjalanan yang baik disesuaikan dengan kondisi masing-masing negara. “Penyusunan kebijakan pelaku perjalanan yang baik ialah yang sensitif dan spesifik sesuai kondisi kasus di asal dan tujuan negara, cakupan vaksinasi, kepadatan arus perjalanan dan persiapan sarana dan prasarana protokol kesehatan di negara tujuan,” ungkapnya.

Dia mengatakan semakin tinggi kenaikan kasus negara asal maupun tujuan, maka screening yang dilakukan pun akan semakin ketat. “Sebagaimana yang Indonesia lakukan di awal pandemi Covid-19 melanda,” pungkasnya.


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *