Kota Jambi Bertabur Prestasi, Satu Dasawarsa Emas Kemajuan Kota Jambi

KENALI.CO.ID, JAMBI – Satu dasawarsa emas kemajuan Kota Jambi, kian bertabur prestasi. Hal tersebut senada dengan tema perayaan 622 Tahun Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi dan HUT ke 77 Pemerintah Kota Jambi adalah “Bangkit Bersama, Terkini Berjaya”.

Satu frasa singkat sarat akan makna, merefleksikan tekad yang sungguh-sungguh, melibatkan seluruh elemen dan potensi daerah secara bersama-sama, mewujudkan beragam kemajuan bagi daerah dan masyarakatnya.

Kota Jambi, Tanah Pilih Pusako Batuah, kota yang kini beragam eloknyo. Kota yang dibelah oleh sungai terpanjang di Pulau Sumatera ini, dalam satu dasawarsa terakhir telah bertransformasi dalam berbagai ragam kemajuan.

Tidak hanya fisik pembangunan yang nyata pesatnya hadir di Kota Jambi, kesejahteraan masyarakat juga menanjak dalam trend positif.

Tingkat kemajuan sosial ekonomi diikuti pula dengan indeks kebahagiaan masyarakat yang terus tumbuh, mewarnai masa keemasan perjalanan sejarah Kota Jambi Terkini.

Keberhasilan pembangunan yang telah dicapai Kota Jambi adalah buah dari keyakinan dan upaya sungguh-sungguh dari berbagai pihak, dan seluruh masyarakat Kota Jambi yang bersinergi mewujudkan visi Kota Jambi sebagai Pusat Perdagangan dan Jasa Berbasis Masyarakat yang Berakhlak dan Berbudaya dengan mengedepankan Pelayanan Prima.

Tentu saja, determinasi seorang Wali Kota Jambi, tidak akan tercapai tanpa dukungan pemangku kepentingan lainnya. Sebut saja anggota legislatif, forkompimda dan yang tidak kalah pentingnya adalah masyarakat itu sendiri, sebagai penggerak utama pembangunan di Kota Jambi untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang berkualitas, Pemkot Jambi telah menerapkan prinsip-prinsip “New Public Service” yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara demokratis, adil, merata, tidak diskriminatif, jujur dan akuntabel serta memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam merespon era digital dan peningkatan pelayanan yang prima.

Sepanjang Tahun 2022 lalu, ekonomi Kota Jambi mengalami pertumbuhan sebesar 5,36%. Meningkat 1,28% dibanding Tahun 2021.

Laju Pertumbuhan Ekonomi Kota Jambi ini, melampaui pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi yang 5,13%, dan juga pertumbuhan ekonomi Nasional sebesar 5,31%. Kinerja Investasi Daerah sebagai gerbong penggerak faktor-faktor produksi yang ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, termasuk penyediaan lapangan kerja baru telah menunjukan hasil yang sangat positif, di mana sepanjang 2022 total investasi tercatat sebesar Rp744,78 M, jauh melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp474,62 M.

Pada tahun 2012 Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jambi adalah sebesar 100,63 Milyar Rupiah dan Belanja Daerah mencapai 1,05 Triliun Rupiah, artinya kontribusi PAD terhadap Belanja hanya mencapai 10,78%. Dengan komposisi Belanja Pegawai dan Belanja Pembangunan adalah 57,75% berbanding 42,25%.

Kondisi ini memberikan gambaran yang cukup untuk mengetahui bahwa kemandirian fiskal Kota Jambi relatif rendah.

Demikian halnya dengan komposisi Belanja yang didominasi oleh Belanja Pegawai. Saat ini komposisi Belanja Pegawai dan Belanja Pembangunan, setiap tahunnya, selama kurun waktu 10 tahun terakhir kian membaik.

Pada Tahun 2022 PAD Kota Jambi telah mencapai 436,88 Milyar Rupiah. Belanja daerah meningkat menjadi 1,80 Triliun rupiah, kontribusi PAD naik menjadi 24,26%, dengan komposisi Belanja Pegawai dan Belanja Pembangunan, berada dirasio 43,29% berbanding 56,71%.

Baca Juga :  Airlangga Lepas Ekspor Florikultura

Pada Tahun 2022 PAD Kota Jambi telah mencapai Rp436,88 M, Belanja meningkat menjadi Rp1,80 T, kontribusi PAD naik menjadi 24,26%.

Saat ini Kota Jambi telah bertransformasi sebagai kota yang mengimplementasikan konsep smart city.

Berbagai kegiatan pemerintah dan pelayanan publik telah berbasis layanan teknologi informasi. Dengan hadirnya berbagai aplikasi pelayanan masyarakat tersebut, Pemkot Jambi memastikan layanan pemerintah kepada masyarakat dapat berjalan dengan efektif dan optimal, serta dapat menjawab tantangan masyarakat kekinian akan kebutuhan sistem pelayanan yang cepat, terpadu, murah dan efisien.

Pemkot Jambi saat ini terus berupaya meningkatkan Akuntabilitas dan Pelayanan Publik melalui Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) dan peningkatan Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) Kecamatan, di mana penyelenggaraan pelayanan publik dalam prosesnya mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu loket atau meja pelayanan.

Dalam mewujudkan peningkatan infrastruktur perkotaan, Pemkot Jambi tidak hanya melakukan pembangunan fisik semata, namun juga telah dilaksanakan berbagai kegiatan untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup yang bersih, hijau dan berkelanjutan.

Sementara untuk menangani pencemaran lingkungan, emisi gas rumah kaca dan transisi energi, Pemkot Jambi melakukan kerjasama dengan berbagai Lembaga maupun negara asing untuk merealisasikan pembangunan sistem pengolahan sampah dan limbah ramah lingkungan.

Kota Jambi juga saat ini telah memiliki TPA terbaru yang berlokasi di Talang Gulo, dan mengaplikasikan konsep Waste to Energy atau pemanfaatan sampah menjadi energi, dengan teknologi Emission Reduction in Cities (ERiC) Programme Solid Waste Management dengan sistem Sanitary Landfill.

TPA ini diproyeksikan akan beroperasi melayani pengolahan sampah di Kota Jambi selama 90 tahun, dengan konsep “go green” ramah lingkungan.

Di awal 2019, Pemkot Jambi berlakukan kebijakan terkait pembatasan penggunaan kantong plastik. Kampanye pembatasan kantong plastik tersebut dilakukan secara massif di Kota Jambi.

Pusat perbelanjaan dan ritel modern di Kota Jambi, dilarang menyediakan kantong plastik bagi konsumen. Hal tersebut dilakukan untuk mereduksi timbulnya sampah plastik serta sebagai upaya penyelamatan bumi dari kerusakan lingkungan akibat sampah plastik.

Pemkot Jambi juga terus mengawal implementasi dari kebijakan pengelolaan lingkungan hidup dan peningkatan estetika Kota, termasuk menerapkan dan mempertajam beberapa inovasi daerah, seperti Gerakan Diet Kantong Plastik, Gerakan Sejuta Biopori, Komitmen Kota Hijau dan Gerakan Menanam Pohon, Perluasan Pengembangan RTH, Bank Sampah, Kampung Bantar dan Bangkit Berdaya.

Pemkot Jambi juga sukses dalam upaya meningkatkan Mutu, Kualitas serta Akses Kesehatan di Kota Jambi, dengan membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dan menekan angka stunting. Hal ini dapat kita lihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Jambi yang terus meningkat setiap tahunnya.

Angka Kemiskinan turun dari 9,02% menjadi 8,33% di Tahun 2022. Angka ini berada di bawah angka kemiskinan Nasional yang tercatat sebesar 9,54%. Perkembangan IPM Kota Jambi dalam 10 tahun terakhir menunjukan trend sangat membanggakan, dimana pada tahun 2012 IPM Kota Jambi baru mencapai 73,78 poin, meningkat menjadi 77,41 pada tahun 2018. Saat ini IPM Kota Jambi berada pada angka 79,58, ini adalah capaian yang tertinggi di Provinsi Jambi, serta masuk dalam 10 Besar IPM Terbaik dari 154 Kabupaten/Kota yang ada di Pulau Sumatera.

Baca Juga :  Situs Purbakala Geopark Merangin

Di bidang kesehatan melalui program Jambi Bugar yang merupakan program jaminan kesehatan yang diperuntukkan bagi masyarakat prasejahtera yang ada di Kota Jambi yang belum terakomodir dalam program pemerintah pusat. Tahun 2022, Pemkot Jambi telah membayarkan jaminan Kesehatan bagi 30.000 orang dari masyarakat kurang mampu.

Komitmen ini, telah mengantarkan Kota Jambi mendapatkan predikat Universal Health Coverage (UHC) 2019, lebih awal di Tahun 2018 dengan capaian 97%. Saat ini UHC Kota Jambi mencapai lebih dari 99 %.

Pada Tahun 2022 angka stunting Kota Jambi sebesar 14 persen, turun dari angka 17,4 persen di tahun 2021. Selanjutnya, Usia Harapan Hidup atau UHH Tahun 2022 dapat direalisasikan 72,99 Tahun, melampaui UHH yang ditargetkan 72,81 Tahun.

Disamping itu, untuk meningkatkan kecepatan layanan, efisiensi dan jangkauan layanan Kesehatan bagi masyarakat, Pemkot Jambi telah merevitalisasi maupun membangun rumah sakit umum daerah dan juga Puskesmas-puskesmas yang tersebar di Kota Jambi. Selain itu juga didukung oleh keberadaan rumah sakit/klinik swasta yang telah berkembang pesat.

Sementara untuk layanan kegawatdaruratan, Pemkot juga menyediakan call center melalui Public Service Center (PSC) 119 yang siaga 24 jam dan terintegrasi dengan layanan kegawatdaruratan call center 112 Kota Jambi.

Untuk mewujudkan SDM yang produktif dan berdaya saing, Pemkot Jambi tetap fokus mewujudkan terselenggaranya pendidikan yang bermutu dan layak, serta terjangkau melalui berbagai program yang terarah, terukur, tepat sasaran dan berkelanjutan. Misalnya, melalui pemberian kartu JAMBI CERDAS bagi siswa tidak mampu, meningkatkan jumlah event-event bertajuk peningkatan prestasi akademik, seni budaya, olahraga serta iman dan taqwa.

Di bidang pendidikan melalui program Jambi Cerdas pada Tahun 2022 telah diberikan bantuan kepada 1.648 peserta didik yang rawan putus sekolah dari keluarga kurang mampu.

Untuk peningkatan fungsi, dimensi dan kehandalan jalan status, Pemkot Jambi melakukan peningkatan, dan pelebaran jalan dengan gorong tertutup sepanjang 414.231 meter.

Cakupan pelayanan air minum telah mencapai 76,78% atau 94.006 sambungan rumah. Selama 9 tahun ini, Pemkot Jambi telah menambah lebih dari 35.000 sambungan rumah, diharapkan tahun 2023, total sambungan rumah akan mencapai 100.000 sambungan. Kawasan genangan berkurang dari 860 Ha tahun 2021 menjadi 790,18 Ha. Dengan Sinergi yang positif bersama Pemerintah Provinsi Jambi dan Balai Sungai Kementerian PU, permasalahan banjir akibat genangan hujan di Kota Jambi dapat ditekan dan dikendalikan.

Selanjutnya melalui Program Bangkit Berdaya guna mendukung akselerasi pembangunan infrastruktur wilayah dan sarana prasana permukiman yang telah diinisiasi sejak tahun 2014, telah dibangun antara lain, 192.840 Meter Jalan Lingkungan; 33.516 Meter Parit Jalan/Drainase; 2.159 Meter Tutup Drainase dan Bahu Jalan; 205 Unit Poskamling; 58 Unit Sumur Umum; 37 unit Septic Tank; 16 Unit WC Umum; 24 Unit Posyandu; 22 Unit Balai Pertemuan/Rumah Ibadah/Sarana Olahraga/Taman Bermain Anak

Baca Juga :  Hadiri Peresmian Gedung MTS Soleh Al-Mubarok Al Haris: Semoga SDM Tanjab Barat Semakin Meningkat

Makin dewasa, Kota Jambi Terkini telah menunjukkan kiprahnya sebagai kota yang diperhitungan, bukan hanya di level nasional, melainkan juga di level internasional. Di dunia internasional, Kota Jambi telah tercatat sebagai salah satu pemerintah di Indonesia yang aktif dan memiliki hubungan kemitraan strategis dengan beberapa negara di dunia. Seperti Singapura, Malaysia, Korsel, China, Denmark, dan Jerman.

Selanjutnya, sesuai dengan target RPJMD Kota Jambi 2018-2023, sejumlah target indikator kinerja utama daerah dibidang pendidikan telah dapat kita capai, seperti Harapan Lama Sekolah (HLS) pada Tahun 2022 mencapai 15,38 dan Rata-rata Lama Sekolah (RLS) adalah 11,21.

Untuk mendorong Pemerataan Pembangunan Infrastruktur di Kota Jambi, Pemkot Jambi telah merealisasikan pembangunan Terminal Rawasari, SPAM Aurduri, sekolah dan pedesterian untuk pejalan kaki dibeberapa ruas jalan dalam wilayah Kota Jambi.

Saat ini, Pemkot Jambi telah merealisasikan peningkatan kualitas Jalan yang baik sepanjang 450,7 km dari total Jalan Status Kota sepanjang 510.452 km. Selain itu, untuk meningkatkan estetika kota dan ruang bagi pejalan Kaki, sejak Tahun 2015 telah dibangun 57.500 meter pedestarian.

Kota Jambi juga aktif dalam beberapa organisasi internasional, seperti ICLEI (International Council for Local Environmental Initiatives), UCLG ASPAC (United Cities and Local Governments Asia-Pacific) dan DELGOSEA (Democratic Local Governance in Southeast-Asia) dan The Global Covenant of Mayors for Climate and Energy (GCoM), observer member pada Organization of World Heritage Cities (OWHC) dan CityNet.

Sebagai kepala daerah yang populer dengan kebijakan “Outward looking policy” dalam menjalankan tata kelola pemerintahan, Wali Kota Fasha dikenal memiliki jaringan luas di internasional. Hal tersebut pun dimanfaatkannya dalam membangun kemitraan dalam berbagai bidang dengan berbagai negara dan lembaga donor internasional. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, Wali Kota Fasha telah mengirimkan lebih dari 300 orang ASN untuk belajar ke Singapura, melalui  Singapore Cooperation Programme (SCP). Itu belum termasuk berbagai pelatihan yang dilaksanakan di China, Korea, Vietnam, Malaysia dan Denmark. Segenap upaya yang dilakukan oleh seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Kota jambi, telah menjadikan Kota Jambi sebagai Role Model nasional dalam banyak hal. Apresiasi disampaikan berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar. Berbagai keberhasilan tersebut, ditandai dengan diraihnya 341 penghargaan, baik di Tingkat Provinsi Jambi, Tingkat Nasional, dan bahkan Internasional. (*Shofyan Hadi/KENALI.CO.ID)