KENALI.CO.ID ● KEJAKSAAN TEMUKAN 50 STEMPEL BERBAGAI JENIS YANG MASIH BASAH KANTOR KPU TANJABTIM ● UANG SITAAN RP 230 JUTA DARI KANTOR KPU TANJABTIM DITITIP KE KAS NEGARA ● 4 RUANGAN KPU TANJABTIM MASIH DIPASANG SEGEL KEJAKSAAN SELAMA 4 HARI ● KETUA KPU TANJABTIM NURKHOLIS TAK MASUK KERJA PASCA PENGGELEDAHAN YANG DILAKUKAN KEJAKSAAN ● SENGKETA LAPANGAN PEMUDA AKSO DANO, PULUHAN WARGA TOLAK PEMASANGAN PLANG PEMERINTAH OLEH JAKSA PENGACARA NEGARA ● TANAH LONGSOR, AKSES JALAN MENUJU 7 DESA DI KECAMATAN BATANG ASAI PUTUS TERIMBUN MATERIAL LONGSOR ● RUMAH WARGA DI DESA BATU PENYABUNG SAROLANGUN NYARIS TERJUN KE JURANG SEDALAM 8 METER AKIBAT TANAH LONGSOR ● KAPOLRES BUNGO TEMUKAN PERALATAN PETI DI DEKAT AREA BANDARA ● KASUS PERCERAIAN DI TANJABTIM SELAMA MASA PANDEMI MENCAPAI 315 KASUS ● KPK MINTA PEMKOT JAMBI MENGOPTIMALKAN PAD DAN TERTIBKAN ASET ● WALIKOTA SYARIF FASHA JADI PEMATERI LITERASI DIGITAL YANG DISELENGGARAKAN DPR RI ● WAWAKO MAULANA PAPARKAN PERKEMBANGAN WISATA DANAU SIPIN DALAM KEGIATAN TEMASEK FOUNDATION URBAN RESILENCE PROGRAMME 2021 ● GUBERNUR AL HARIS LANTIK MUCHLIS SEBAGAI KOMISARIS DAN DAN MUDASIR SEBAGAI DIREKTUR PT JII ● PEMPROV JAMBI TERIMA PIAGAM DAN PLAKAT PENGHARGAAN OPINI WTP DARI KEMENKEU ● GUBERNUR AL HARIS CEK ISOTER DAN RSUD RADEN MATTAHER JAMBI ● ISOTER ASRAMA HAJI DAN BPSDM DITUTUP SEMENTARA KARENA PASIEN SUDAH MENURUN ● KABUPATEN MERANGIN DINYATAKAN NOL KASUS POSITIF COVID-19 ● KASUS AKTIF COVID-19 DI MUARO JAMBI TERUS MENGALAMI PENURUNAN ● SEKOLAH DI BATANGHARI BUTUH 35 ORANG PENGAWAS ● KENALI.CO.ID

Kronologi Gangguan Indihome dan Telkomsel Selama Beberapa Hari

  • Bagikan

Kenali.co.id, Jakarta Gangguan internet Indihome dan grup Telkom terjadi hingga 3 hari.

Pagi ini, Rabu (22/9/2021), para pelanggan masih mengeluhkan gangguan hingga kata “Telkomsel” menjadi trending Twitter.

Gangguan internet Indihome terjadi sejak Minggu (19/9/2021) petang.

Gangguan yang terjadi ramai diperbincangkan warganet, bahkan sempat masuk dalam trending topik di media sosial Twitter.

Gangguan internet mulai dikeluhkan sejak Minggu (19/9/2021) sekitar pukul 17.33 WIB, dan dilaporkan berlanjut hingga Senin (20/9/2021) pagi.

Adapun wilayah yang merasakan gangguan meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Gangguan menyebabkan aktivitas masyarakat terganggu, mulai dari kegiatan rapat, Ujian Tengah Semester, hingga Seleksi Kompetensi Bidang (SKD) CPNS.

SKD CPNS yang berlangsung pada 20-21 September 2021 di 42 titik lokasi (tilok) harus dijadwalkan ulang oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Terkait dengan kondisi tersebut untuk sejumlah wilayah terdampak, BKN menjadwalkan ulang pelaksanaan SKD tanggal 20-21 September 2021,” ujar Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama melalui keterangan tertulis, Selasa (21/9/2021).

Penyebab gangguan jaringan Indihome dan Telkomsel

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengungkapkan penyebab gangguan jaringan Indihome dan Telkomsel pada 19 September 2021.

Ahmad Reza mengatakan telah terjadi gangguan sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak pada 19 September 2021 mulai sekitar pukul 17.33 WIB.

Gangguan tersebut berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

“Mohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” kata dia.

Secara resmi, Indihome telah menyampaikan penjelasan mengenai gangguan yang terjadi melalui sejumlah akun media sosialnya, termasuk Twitter @indihomecare.

Pelanggan Yth. Sehubungan dengan adanya gangguan pada jaringan Kami, saat ini Kami tengah melakukan perbaikan agar layanan IndiHome bisa beroperasi dengan normal kembali,” tulis akun tersebut dalam sebuah unggahannya, Senin (20/9/2021).

Kami tahu, Sobat pasti tidak nyaman dengan adanya hal ini, tetapi Kami sedang memperbaiki ini semua agar Sobat bisa beraktivitas kembali dengan lancar,” lanjutnya.

Layanan Indihome diklaim berangsur pulih

Indihome sempat menyatakan bahwa layanannya di beberapa wilayah sudah berangsur pulih. Hal itu disampaikan lewat Twitter-nya.

Layanan IndiHome di beberapa wilayah di Indonesia sudah berangsur pulih pasca terjadinya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan ruas Batam-Pontianak pada 17.33 WIB Minggu, 19 September 2021. Layanan mulai kembali pulih normal sejak malam hingga pagi ini,” tulis @IndiHomeCare pada Senin (20/9/2021).

Akan tetapi gangguan masih berlanjut. Hingga kemarin (21/9/2021), IndiHome masih mengupayakan pemulihan layanannya.

Hingga saat ini, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) masih mengupayakan percepatan pemulihan layanan di wilayah yang mengalami gangguan pada Minggu malam (19/9) gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan ruas Batam – Pontianak,” tulis akun Twitter @IndiHome, Selasa (21/9/2021).

Diungkapkan juga bahwa gangguan terjadi pada sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Sementara itu upaya yang dilakukan IndiHome bersama Telkom Indonesia untuk mengatasi gangguan itu adalah:

  • segera melakukan rerouting trafik, alternatif jalur komunikasi
  • penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia
  • mengoptimalkan gerbang internasional di Manado. (Yusuf/Kenali.co.id)

GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *