Kuliner Legendaris Soto Gempol Karawang, Harga, Alamat, dan Jam Buka

  • Bagikan
info seputar jambi

kenali.co.id, KULINER- Soto Gempol Karawang, merupakan salah satu makanan legendaris dari kabupaten yang berjuluk Kota Lumbung Padi.

Dari tampilannya, Soto Gempol sekilas mirip soto Betawi. Namun begitu menyantapnya, siapapun bakal menemui rasa berbeda.

Rasa gurih dan kuah santan kental menjadi pembedanya. Ditambah rempah-rempah asli khas nusantara yang menambah nikmat rasanya. Daging sapinya pun empuk.

“Kalau biasa menyantap pasti tahu bedanya dengan soto lainnya,” kata Nurlela (54), pemilik Soto Gempol Karawang.

Soto Gempol Karawang bertambah nikmat jika disantap dengan emping melinjo dan acarnya yang khas.

Nurlela menyebut, Soto Gempol disajikan dengan resep yang konsisten dari neneknya, Siti Khotijah.

Siti Khotijah memulai meracik Soto Gempol sejak 1965. Saat itu, masih berupa warung kecil di Kampung Gempol, yang hingga kini melekat pada namanya. Namun usaha Soto Gempol baru mulai stabil pada 1970.

“Saya generasi ketiga, sebelumnya oleh ibu saya, Siti Fatimah,” ujar dia.

 

Nurlela menyebutkan, hingga kini ia selalu konsisten dengan resep warisan neneknya. Juga soal menjaga kualitas bahan baku. Misalnya dibuat dengan daging pilihan.

“Kita jaga misalnya jangan sampai bahan bahan baku dan bumbu ada yang dikurangi. Bahkan kata konsumen, acar kami beda,” kata dia.

Satu porsi Soto Gempol daging sapi harganya Rp 35.000 per porsi. Tersedia juga soto campur dan soto ayam dengan harga Rp 33.000 per porsi.

Dalam sehari, sekitar 300 mangkok soto gempol ludes. Jika akhir pekan atau hari libur, pengunjung lebih ramai dari biasanya.

Soto Gempol Karawang berlokasi di Jalan Ranggagede, Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang. Atau bisa diakses melalui https://g.co/kgs/TE6Rw6.

“Kami buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 21.00 malam,” ujar Nurlela.

Di tempat ini, sahabat bisa menikmati Soto Gempol Karawang sembari menyaksikan kereta api melintas. Sebab, lokasinya dekat dengan lintasan kereta api.

Selain di Jalan Ranggagede, Soto Gempol Karawang bisa dinikmati di Resinda Food Fest.*intan/kenali.co.id


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *