JAMBI, NEWS  

Kuota CPNS-PPPK Pemprov Jambi hanya 394 Orang

Pendaftaran CPNS 2023 di buka bulan September ini.
Pendaftaran CPNS 2023 di buka bulan September ini.

Kenali.co.id, Jambi-Pemerintah berencana membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil(CPNS )  mulai April hingga Mei 2021 mendatang. Sebanyak 113.172 kuota usulan untuk mengisi formasi CPNS pusat dicanangkan pada 2021 ini. Sementara, untuk pemerintah daerah sendiri di CPNS kali ini tersedia sebanyak 438.170.

Pemprov Jambi kebagian kuota 394 orang. Sebelumnya, pemprov mengusulkan 609 formasi. Namun, hasil evaluasi KemenPAN-RB, usulan tersebut direvisi menjadi 394 orang. Kabid Pengadaan, Kepangkatan, Mutasi dan Pensiun BKD Provinsi, Pahari mengatakan kuota 394 orang itu akan dibagi lagi. Untuk CPNS 193 orang dan PPPK 201 orang.

’ Kita sudah usulkan 609 formasi CPNS dan PPPK ke pusat. Namun, setelah dievaluasi KemenPAN-RB,  jumlahnya direvisi menjadi 394 orang. 193 untuk CPNS dan 201 untuk PPPK. Namun apa saja formasinya belum keluar,”katanya.

saat ini masih ada jabatan di eselon II, III dan IV yang kosong dan belum bisa dilaksanakan pergantian pejabat. Rinciannya, eselon II ada 12 jabatan dan eselon III, IV ada 50 jabatan. Sementara ini jabatan kosong itu belum bisa diisi. Sesuai aturan, pergantiannya menunggu gubernur terpilih.

“Sesuai peraturan, untuk pengukuhan dan pelantikan jabatan yang kosong, kita harus menunggu gubernur terpilih dilantik,”pungkasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah berencana akan membuka 1 juta lowongan CPNS tahun ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo menuturkan, pembukaan CPNS 2021 ini sesuai kebutuhan instansi atau pemerintah daerah. Jadi bukan berpihak kebutuhan sendiri.

“Misalnya tahun 2021 mudah-mudahan akan dilaksanakan rekrutmen. Jadi prinsipnya sesuai kebutuhan pemda. Bukan keinginan yang ada sehingga tidak membengkak dan mencermati dinamika covid-19 ini kerja kedinasan di kantor efektivitas dan efisien yang ada,” kata Tjahjo dalam rapat bersama dengan DPR secara virtual, Senin (18/1).

Baca Juga :  Jalan Lintas Langganan Banjir

Namun, menurut dia, pendaftaran CPNS bisa saja ditunda atau dibatalkan jika ada kondisi yang tidak menentu. Untuk itu pemerintah terus mencermati pembukaan CPNS. “Kita melakukan evaluasi kinerja. Seperti melihat instansi pemerintahan menunda CPNS pengadaan jika ada kondisi tertentu, seperti tahun 2020 karena Covid-19,” jelasnya.

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo menyebutkan, pendaftaran CPNS Formasi 2021, bisa terlaksana pada April hingga Mei tahun ini. Terdapat beberapa formasi CPNS yang dibutuhkan. Antara lain formasi CPNS di bidang kesehatan, pendidikan, dan tenaga teknis yang akan dibutuhkan instansi pemerintahan.

Pemerintah hanya akan menetapkan formasi CPNS setelah dipastikan bahwa formasi itu memang benar-benar dibutuhkan dalam upaya untuk mendukung pencapaian prioritas pembangunan.

Khusus bagi PPPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) untuk jabatan guru, itu disesuaikan berdasarkan kesepakatan sejumlah menteri yang terlibat. Yaitu Mendikbud, Menteri PANRB, Menkeu, Mendagri, serta BKN (Badan Kepegawaian Negara). Dalam penerimaan CPNS 2021 ini, BKN akan melakukan rekrutmen dengan jumlah total 1 juta formasi. Guna mengakomodasi hal ini, khusus untuk pengajuan usulan formasi Guru PPPK, BKN memperpanjang sampai tanggal 31 Desember 2021.(m)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *