JAMBI, NEWS  

Lahan konsesi milik PT Alam Bukit Tigapuluh kembali terbakar

Lahan konsesi milik PT Alam Bukit Tigapuluh kembali terbakar
Lahan konsesi milik PT Alam Bukit Tigapuluh kembali terbakar

KENALI.CO.ID – Lahan konsesi milik PT Alam Bukit Tigapuluh (ABT) kembali terbakar. Kali ini terjadi di Desa Pemayungan, kecamatan Sumay yang tersebar di beberapa titik.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Antoni Faksi mengatakan, untuk titik  di padamkan oleh Satgas Kabupaten Tebo melalui jalur darat.

“Sebenarnya titik api telah muncul, 2 hari namun baru hari kamis tim Satgas cek ke lokasi untuk pemadaman,” ungkapnya,\

Lanjutnya, untuk titik yang sulit di jangkau melalui jalur darat. Satgas Karhutla Kabupaten Tebo menghubungi BPBD Provinsi Jambi untuk mengirimkan helikopter water bombing.

Sampai kamis malam, api masih menyala di lahan konsesi PT ABT. Sedangkan, tim Satgas Karhutla kembali masuk ke dalam untuk memadamkan api dan akan kembali meminta bantuan kepada BPBD Provinsi Jambi.

Trbakar lahan konsesi PT Alam Bukit Tigapuluh (ABT) ini sangat disayangkan warga Kabupaten Tebo Provinsi Jambi.

Di tempat lain  Titik api akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), kembali muncul di wilayah kabupaten batanghari.

Sekitar dua hektar lahan di RT.18 Desa Penerokan Kecamatan Bajubang, hangus terbakar pada Kamis malam 14 September 2023.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari Bebi Andihara mengatakan, bahwa kebakaran ini di ketahui terjadi sekitar pukul 22.00 WIB.

Petugas gabungan pun di kerahkan ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman.

“Kita dari Tim Reaksi Cepat BPBD ada dua regu, dan juga armada pemadam, juga di bantu oleh Personil Dinas Damkarmat, Anggota Kepolisian dan masyarakat, melakukan pemadaman di lokasi.” kata Kalaksa BPBD Batanghari.

Bebi Andihara menungkapkan, petugas gabungan berjibaku untuk melakukan pemadaman terhadap kobaran api di lahan tersebut. Namun, api baru dapat di padamkan setelah lima jam berkobap

Baca Juga :  Kebakaran Lahan Gambut di Muaro Jambi Berhasil Dipadamkan

“Api dapat kita nyatakan padam pada Jum’at dini hari. Jadi menjelang subuh tepatnya sekitar Pukul 03.00 WIB, baru dapat kita padamkan.

Yang terbakar itu lahan kosong, dan ada pohon-pohon yang telah di tebang. Sebagian juga telah di tanami pohon karet,”ungkapnya Pada jumat 14/9/2023