Lepas Kondom Tanpa Persetujuan saat Berhubungan Seks Jadi Tindakan Kriminal

  • Bagikan
info seputar jambi

Kenali.co.id-Melepas kondom tanpa persetujuan pasangan saat berhubungan seks disebut stealthing. Secara sederhana, stealthing adalah pemerkosaan.

Kawasan Ibu Kota Australia (ACT) menjadi kota pertama di Australia yang menyatakan tindakan melepas kondom tanpa persetujuan pasangan saat berhubungan seks sebagai tindakan kriminal.

Tindakan yang disebut stealthing ini setidaknya pernah dialami satu dari tiga perempuan saat berhubungan seksual, menurut sebuah sebuah laporan.

Pemimpin Partai Liberal di Canberra, Elizabeth Lee, mengusulkan aturan tersebut ke Parlemen dan diterima dengan suara bulat oleh Parlemen hari Kamis (7/10/2021).

Stealthing bisa menjadi trauma bagi mereka yang mengalaminya dan saya bangga ACT meloloskan aturan yang baru pertama kali disetujui sebagai tindakan kriminal,” katanya.

Elizabeth mengatakan, tindakan melepas kondom tanpa persetujuan bisa menimbulkan dampak kesehatan dan psikologis, termasuk tertular penyakit kelamin, kehamilan, depresi, kecemasan, dan dalam beberapa kasus terjadi post traumatic stress disorder atau PTSD.

 

Elizabeth mengatakan aturan mengenai stealthing sudah diajukan ke Parlemen negara bagian Victoria di Melbourne selama dua tahun, tetapi tidak ada kabar lanjutan.

“Kita tidak menghendaki adanya kasus yang diajukan ke pengadilan sebelum stealthing ini dinyatakan sebagai tindak kriminal,” katanya.

 

“Kita harus bertindak proaktif dan mengirim pesan jelas kepada warga bahwa tindakan ini tidak bisa diterima dan merupakan tindakan kriminal.”

Aturan baru ini secara khusus mengubah pasal yang ada dalam Undang-undang Kriminal yang mengatakan tidak ada lagi kesepakatan untuk melakukan hubungan seksual, jika seseorang secara sengaja melepas kondom tanpa persetujuan.(rakyatku).

 

Sumber:rakyatku.com

 


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *