Mahfud Md Mengaku Sering Bertemu Megawati dan Ganjar Pranowo

Mahfud Md Mengaku Sering Bertemu Megawati dan Ganjar Pranowo

KENALI.CO.ID – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengaku sering bertemu Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Selain dengan Megawati, Mahfud juga mengaku sering bertemu dengan bakal calon presiden Ganjar Pranowo.

“Saya sering ketemu Bu Megawati. Sejak zaman BPIP saya bersama Bu Megawati hampir setiap saat ya (bertemu). Saya kan alumni BPIP, sering ketemu Bu Megawati. Baru-baru dalam waktu belum lama ini juga bertemu, itu agak lama, tetapi kita tak bicara soal pilpres lah,” kata Mahfud Md di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Mahfud mengatakan, alasan tidak membahas pilpres dengan Megawati karena itu bukan domainnya. Menurut Mahfud, Megawati lebih memahami soal dinamika politik.

“Kita enggak bicara soal pilpres lah karena saya tahu itu bukan domain saya. Bu Megawati lebih tahu semuanya tentang setiap orang, kita menghormati saja,” ungkap Mahfud.

Mahfud mengungkapkan, pertemuan terakhir dengan Megawati membahas masalah politik, ideologi maupun konstitusi. Di situ juga berbincang soal mahasiswa ikatan dinas yang disekolahkan Bung Karno, namun tak bisa dipulangkan puluhan tahun ke Tanah Air.

“Tapi kita enggak bicara pilpres karena saya menghormati Bu Megawati untuk menentukan sesuai dengan kapasitas beliau yang saya yakini enggak perlu masukan dari orang luar, sudah ada mekanisme internalnya di PDIP,” kata Mahfud.

Mahfud juga mengungkapkan pertemuannya dengan Ganjar Pranowo. Salah satu foto pertemuan itu diunggah di akun Instagram Ganjar Pranowo pada Minggu (10/9/2023). Dalam foto itu memperlihatkan keduanya sedang duduk berdua di sebuah halaman.

Ganjar merasa asyik saat ngobrol dengan Mahfud di sore hari. Keduanya tampak saling berbincang santai dan tertawa bersama.

Baca Juga :  Puan Maharani Laris, Sering Diusulkan Jadi Capres dan Cawapres

Ganjar mengenakan kemeja batik, sementara Mahfud memakai setelan jas. Ganjar juga berterima kasih dengan Mahfud.

“Ngopi bareng beliau bikin sore makin asyik. Terima kasih ya Prof @mohmahfudmd,” tulis Ganjar dalam Instagramnya.

Isi Pertemuan Mahfud Md dengan Ganjar

Mahfud Md mengungkapkan pertemuannya dengan bacapres PDIP Ganjar Pranowo saat ngopi bareng. Sebagai teman lama, Mahfud Md mengaku membahas hal-hal yang ringan saja.

“Ganjar itu ya apa ya, ngobrol-ngobrol ringan aja. Bicara soal dia kan teman ya. Dulu itu, waktu di DPR, kami sering berdiskusi tentang pemberantasan korupsi, ya nostalgia aja lah. Makan-makan, bergurau begitu saja,” kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Mahfud menepis ada percakapan pilpres 2024 dalam pertemuannya dengan Ganjar. Dia mengatakan, keputusan soal pilpres adalah ranah pimpinan partai politik.

“Enggak, kami tahu bahwa itu keputusan itu ada di pimpinan partai dan pimpinan partai sudah punya pertimbangan-pertimbangan dan ukuran sendiri. Oleh sebab itu kita enggak bicara soal capres-cawapres,” tuturnya.

 

(*WAHYU/KENALI.CO.ID)