Makanan Berprotein untuk Pembentuk Otot, Olahraga Saja Tak Cukup!

  • Bagikan
info seputar jambi

kenali.co.id OLAHRAGA – Berniat untuk membentuk otot, olahraga rutin yang berfokus untuk membesarkan massa otot tidaklah cukup.

Asupan makanan yang tepat, sama-sama punya peranan penting dalam pembangunan atau pembentukkan massa otot. Olahraga rutin yang sudah tepat untuk membentuk otot, akan tak sia-sia dengan dukungan asupan makanan terutama makanan berprotein yang tepat. Menukil CNET, Minggu (15/1/2023) berikut ulasan singkat lima makanan berprotein, yang membantu untuk membentuk otot.
1. Telur: Karena saratnutrisi, mulai dari lemak, protein, dan termasuk campuran vitamin yang kuat seperti B12, B6 dan thiamine. Nah, yang paling utama adalah karena telur juga mengandung leusin dosis tinggi. Asam amino ini dikenal karena kehebatannya dalam membentuk otot.
2. Ikan: Jika sudah mendapatkan cukup lemak dalam makanan, tetapi perlu meningkatkan asupan protein, ikan jawabannya. Pasalnya, ikan adalah salah satu sumber protein tanpa lemak terbaik yang bisa dimakan, dan penuh dengan vitamin serta mineral lainnya. Ikan juga dikemas dengan asam lemak omega-3, yang berfungsi membantu meningkatkan kinerja otot dan membantu mencegah hilangnya massa otot. Salmon dan tuna adalah pilihan ikan pembentuk otot yang sangat baik.
3. Kacang: Jika dimakan dalam jumlah sedang yang aman, alias tak berlebihan maka kacang adalah pilihan yang sangat baik untuk membangun otot. Camilan lezat dan sehat ini menawarkan perpaduan sempurna antara protein, lemak, dan serat, menjadikannya salah satu cara paling seimbang untuk melengkapi latihan olahraga yang ditekuni. Namun ingat, harus tetap berhati-hati, karena banyak kacang (termasuk kacang tanah, yang sebenarnya adalah polong-polongan), mengandung kalori yang tinggi. Bisa konsumsi pilihan paling kaya nutrisi, cobalah almond atau kenari.
4. Kedelai: Ingin mencoba membentuk otot dengan pola makan tanpa daging, maka konsumsi kedelai bisa jadi jawaban. Kedelai adalah salah satu bentuk jenis legum paling padat nutrisi yang bisa dikonsumsi, serta mengandung protein kuat untuk membantu membangun otot. Kedelai punya sembilan asam amino esensial, yang menjadikannya salah satu sumber protein nabati terbaik yang tersedia.
5. Greek Yogurt: Menjadi sumber protein yang unik, karena menyediakan kombinasi whey protein yang cepat dicerna, dan protein kasein yang lambat dicerna. Saat dikonsumsi bersamaan, kedua jenis protein ini bisa bantu meningkatkan dan memperpanjang proses sintesis protein, yang dilalui otot saat masa pemulihan. Greek Yogurt mengandung protein dua kali lipat dibandingkan dengan yogurt biasa, dan menawarkan manfaat kesehatan probiotik tambahan yang tak ditemukan dalam susu atau keju. *ridhwan/kenali.co.id


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *