Makanan Khas Imlek dan Maknanya, Gong Xi Fa Cai!

  • Bagikan
kue keranjang
info seputar jambi

KENALI.CO.ID– Perayaan Imlek merupakan hari awal dalam penanggalan masyarakat Tionghoa yang sangat dinantikan. Perayaan yang lekat dengan warna merah dan melambangkan antusiasme serta semangat ini biasanya akan dimeriahkan dengan jamuan makan besar dan kembang api.

Nah, ternyata setiap hidangan yang disajikan di malam momen Imlek ini punya makna tersendiri, lho. Mau tau deretan makanan khas Imlek di Indonesia beserta maknanya? Simak aja artikel dari tiket.com kali ini.

Makanan yang disajikan saat Imlek ada banyak ragamnya, mulai dari makanan berat hingga kudapan. Namun, bukan sekadar hidangan semata, makanan-makanan tersebut juga memiliki makna khusus dalam kebudayaan China.

1. SIU MIE

SIU MIeMie goreng, atau sering disebut Siu Mie ini merupakan hidangan yang nggak bisa lepas dari sejarah masyarakat Tionghoa di Indonesia ketika Imlek. Mi panjang ini dilambangkan sebagai harapan untuk berumur panjang ke depannya.

Uniknya, ketika makan mi ini, nggak boleh sampai putus sebelum semua mi masuk ke mulut agar rezeki selalu lancar sepanjang tahun.

 2. Yu Sheng

Yu sheng, salad warna-warni yang cantik ini juga jadi makanan khas hari raya Imlek. Biasanya, makanan ini akan disajikan di atas piring besar yang ditata sedemikian rupa sebagai simbol kemakmuran.

Yu Seng

 Sup Delapan Jenis (Eight Treasure Soup)

Angka 8 memang jadi angka keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa. Nggak heran, jika dalam perayaan Imlek, beberapa makanan yang disajikan memiliki unsur angka ini. Pelafalan angka 8 yang biasa disebut “ba” memang terdengar mirip dengan bunyi “fa” yang berarti kemakmuran.

Salah satu makanan yang memiliki unsur ini adalah sup delapan jenis atau sering disebut eight treasure soup. Sup ini umumnya berisi udang, kerang, ikan dan juga teripang.

sup


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *