Manfaat Bunga Kantil, Bisa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bunga Kantil, Bisa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

KENALI.CO.ID, KECANTIKAN – Bunga kantil selama ini di kenal sebagai salah satu bunga yang di gunakan dalam pelaksanaan ritual dan upacara adat. Selain identik dengan upacara pernikahan, bunga kantil juga di pilih sebagai bunga untuk sesaji hingga upacara kematian.
Meskipun selama ini bunga kantil lekat dengan hal mistis ataupun sesuatu yang sakral bagi masyarakat Indonesia, bunga kantil ternyata menyimpan sejuta manfaat.

Mengutip dari laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bunga kantil di tetapkan sebagai tumbuhan khas (fauna identitas) provinsi Jawa Tengah. Bunga yang satu ini mempunyai ciri-ciri bunga berwarna putih dan beraroma harum.

Selain aromanya yang harum, rupanya bunga kantil punya manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Manfaat Bunga Kantil untuk Kecantikan
Bunga kantil menjadi salah satu jenis bunga yang paling populer di pilih sebagai bahan alami untuk kecantikan. Hal ini seperti di ungkap melalui laman BMV Fragrances, bunga kantil putih merupakan bagian dari keluarga magnolia yang terkenal dengan sifat antidepresannya. Minyak bunga ini adalah antioksidan alami, antimikroba, dan agen antiinflamasi.

Minyak bunga ini sangat baik di pilih sebagai aromaterapi. Selain itu, manfaat bunga kantil juga dapat membantu dalam peremajaan kulit. Selain itu, di jelaskan melalui buku Solusi Sehat Mencegah & Mengatasi Kanker, bunga kantil termasuk dalam salah satu jenis tanaman yang memberikan efek positif bagi kesehatan dan kebugaran.

 

Manfaat Bunga Kantil, Bisa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Bunga Kantil untuk Kesehatan

Tak hanya bermanfaat bagi kecantikan dan aromaterapi, bunga kantil juga menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan. Berdasarkan informasi yang di jelaskan dalam buku Implementasi Kode Program dengan Bahasa Pemrograman Python Pada Motif Batik Banyumas, bunga kantil memiliki senyawa nikelarbina, alkaloid, dan liriodenina yang di yakini memberikan khasiat sebagai ekspektoran dan di uretik. Adapun sejumlah manfaat bunga kantil untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Membantu mengobati gangguan vertigo
  • Membantu menghilangkan bau badan
  • Membantu mengobati sinusitis
  • Membantu mengobati perut kembung
  • Membantu mengatasi peradangan saluran pernapasan
  • Membantu mengobati keputihan
  • Membantu mengobati batuk
Baca Juga :  Prabowo Siap Gandeng Gibran, PDIP Yakin Loyalitas Kadernya Sudah Digembleng Tak Akan Tergoda

Meskipun bunga kantil memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, kajian dari ahli medis tetap di perlukan untuk menganalisis penyakit serta merencanakan pengobatan yang tepat.

 

(*FITRI/KENALI.CO.ID)

ARTIKEL INI PERNAH TAYANG : https://www.detik.com/

DENGAN JUDUL : https://www.detik.com/jateng/budaya/d-7064951/manfaat-bunga-kantil-bisa-untuk-kesehatan-dan-kecantikan