JAMBI, NEWS  

Mayoritas Penduduk Jambi Generasi Belum Produktif

Kenali.co.id.Jambi- Berdasarkan  Sensus Penduduk (SP) 2020 , mayoritas penduduk Provinsi Jambi didominasi oleh generasi Z, yakni sebanyak 29,17 persen atau 1,02 juta orang dari total warga Jambi, sebanyak 5,5 juta jiwa.

Aidil Adha, Koordinator Fungsi Statistik Produksi BPS Provinsi Jambi mengatakan, generasi Z ini terdiri dari penduduk usia belum produktif dan produktif. Sekitar 7 tahun lagi, menurutnya seluruh Generasi Z akan berada pada kelompok penduduk usia produktif.

“Hal ini merupakan peluang dan tantangan bagi Provinsi Jambi, baik di masa sekarang maupun masa depan, karena generasi inilah yang berpotensi menjadi aktor dalam pembangunan yang akan menentukan masa depan Indonesia,” ujarnya.

Aidil merincikan, selain generasi Z, generasi milenial dan generasi X juga cukup banyak di Jambi. Yakni  proporsi generasi milenial sebanyak 26,80 persen dan generasi X sebanyak 21,43 persen dari total Populasi Penduduk di Provinsi Jambi.

“Ketiga generasi ini termasuk dalam usia produktif yang dapat menjadi peluang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Dari sisi demografi, seluruh Generasi X dan Generasi Milenial merupakan penduduk yang berada pada kelompok usia produktif pada tahun 2020,” katanya.(*)

Baca Juga :  Tokoh Kritis ke Jokowi, Tak Masuk Pengurus MUI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *