Megawati: Jangan Diberi Chiki Terus

Megawati
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. (dimas/kenali.co.id)

Kenali.co.id, NASIONAL – Mengenai kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng di pasaran, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan bahaya penyakit yang terkadung dalam makanan yang diolah dengan minyak goreng.

Untuk para orang tua yang miliki anak kecil, Megawati mengimbau untuk tidak memanjakan anak-anak dengan diberi makanan ringan kemasan atau makanan olahan instan lain yang disebutnya “chiki-chiki”.

“Jadi anak-anak ini jangan diberi chiki-chiki terus. Pasti kenyang. Tapi pertanyaannya adalah menjadi sehat apa tidak? Nah seperti inilah yang ingin sebetulnya saya sharing,” ujar Megawati dengan tayangan virtual di Sekolah DPP PDIP Lenteng Agung Jakarta Selatan, Senin 28 Maret 2022.

Mengenai kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng saat ini, Megawati berharap, agar ada manfaat dari perdebatan soal harga minyak goreng.

Kata Megawati, yang harus terus dipikirkan adalah bagaimana menjadikan anak-anak Indonesia menjadi generasi lebih sehat, lebih pintar, lebih cerdas lahir batin daripada generasi sebelumnya.

Megawati mengatakan dirinya belajar dari Bung Karno, dengan memastikan perut rakyat kenyang, adalah sebuah prinsip.

“Nah kalau rakyat harus kenyang, maka yang penting kemudian adalah memastikan asupan yang sehat untuk kenyang tersebut,” ujarnya.

Sedangkan ketika polemik pernyataannya soal minyak goreng sawit muncul, Megawati berdiskusi dengan banyak ahli yakni Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto maupun dengan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

Diketahui Hasto Wardoyo sendiri ditugasi oleh Presiden Jokowi mengatasi masalah stunting (gizi makanan) yang ada di Indonesia.

“Jadi saya lalu prihatinnya makin menjadi-jadi, ternyata stunting (gizi makanan) itu adalah masalah asupan. Asupan yang bukan hanya sembarangan, asupan yang harus diketahui oleh masyarakat,” ujarnya.

Dengan demi masak tanpa minyak goreng yang hadirkan di DPP PDIP Lenteng Agung saat ini, Mengawati mengatakan hal itu kan menberikan inspirasi tersendiri bagi ibu-ibu untuk memasak tanpa minyak goreng.

Baca Juga :  Ketua KPK Prihatin Banyak Kepala Daerah Terjerat Korupsi

“Saya membantu memberikan sebuah pengetahuan bagi ibu-ibu yang mau melihat, mendengar, menambah pengetahuannya dalam hal asupan yang disebut makanan ini,” ujar Megawati. (Dimas/Kenali.co.id)