⌾ KENALI INFO
KEJAKSAAN TEMUKAN 50 STEMPEL BERBAGAI JENIS YANG MASIH BASAH KANTOR KPU TANJABTIM ◉ UANG SITAAN RP 230 JUTA DARI KANTOR KPU TANJABTIM DITITIP KE KAS NEGARA ◉ 4 RUANGAN KPU TANJABTIM MASIH DIPASANG SEGEL KEJAKSAAN SELAMA 4 HARI ◉ KETUA KPU TANJABTIM NURKHOLIS TAK MASUK KERJA PASCA PENGGELEDAHAN YANG DILAKUKAN KEJAKSAAN ◉ SENGKETA LAPANGAN PEMUDA AKSO DANO, PULUHAN WARGA TOLAK PEMASANGAN PLANG PEMERINTAH OLEH JAKSA PENGACARA NEGARA ◉ TANAH LONGSOR, AKSES JALAN MENUJU 7 DESA DI KECAMATAN BATANG ASAI PUTUS TERIMBUN MATERIAL LONGSOR ◉ RUMAH WARGA DI DESA BATU PENYABUNG SAROLANGUN NYARIS TERJUN KE JURANG SEDALAM 8 METER AKIBAT TANAH LONGSOR ◉ KAPOLRES BUNGO TEMUKAN PERALATAN PETI DI DEKAT AREA BANDARA ◉ KASUS PERCERAIAN DI TANJABTIM SELAMA MASA PANDEMI MENCAPAI 315 KASUS ◉ KPK MINTA PEMKOT JAMBI MENGOPTIMALKAN PAD DAN TERTIBKAN ASET ◉ WALIKOTA SYARIF FASHA JADI PEMATERI LITERASI DIGITAL YANG DISELENGGARAKAN DPR RI ◉ WAWAKO MAULANA PAPARKAN PERKEMBANGAN WISATA DANAU SIPIN DALAM KEGIATAN TEMASEK FOUNDATION URBAN RESILENCE PROGRAMME 2021 ◉ GUBERNUR AL HARIS LANTIK MUCHLIS SEBAGAI KOMISARIS DAN DAN MUDASIR SEBAGAI DIREKTUR PT JII ◉ PEMPROV JAMBI TERIMA PIAGAM DAN PLAKAT PENGHARGAAN OPINI WTP DARI KEMENKEU ◉ GUBERNUR AL HARIS CEK ISOTER DAN RSUD RADEN MATTAHER JAMBI ◉ ISOTER ASRAMA HAJI DAN BPSDM DITUTUP SEMENTARA KARENA PASIEN SUDAH MENURUN ◉ KABUPATEN MERANGIN DINYATAKAN NOL KASUS POSITIF COVID-19 ◉ KASUS AKTIF COVID-19 DI MUARO JAMBI TERUS MENGALAMI PENURUNAN ◉ SEKOLAH DI BATANGHARI BUTUH 35 ORANG PENGAWAS ◉

Melihat Rumah Pahlawan Kolonel Abunjani, Ada Ruang Bawah Tanah

  • Bagikan

Kenali.co.id, Jambi – Kolonel Abunjani lahir di Sekaladi, 24 Oktober 1918. Ia memiliki riwayat pejuang kemerdekaan dari 1945 hingga 1949. Sampai saat ini kediamannya masih ada dan dihuni oleh anak terakhirnya yaitu Arman Abunjani.

Rumah itu terletak di bilangan Telanai Pura tepatnya di belakang Bank Jambi. Rumah itu tampak sepi seperti tidak berpenghuni. Rumah yang berukuran besar juga diimbangi dengan halaman yang luas. Keadaanya tidak terlalu terawat dengan baik.

“Rumah ini selesai pada 1964. Luasan dari rumah ini sekitar satu hektare,”

Rumah ini terdiri dari dua lantai dengan cat berwarna putih. Pada halaman ada hamparan rumput yang sudah tidak hijau lagi. Tidak ada sampah dan banyak ditumbuhi pepohonan.

Ada banyak jendela di sana dengan gambar wanita mengenakan baju melayu Jambi seperti sedang menari. Gambar ini ada di tiap jendela. Masuk pada pintu samping rumah anda akan melihat relief wanita melayu Jambi yang sedang beraktivitas di kebun. Relief bernuansa alam juga ada disertai dengan binatang didalamnya. Relief ini ada di beberapa sisi dinding dengan ukuran besar.

Adapula foto Kolonel Abunjani saat bersama Presiden Soekarno dulu. Beberapa foto ini terpajang di ruang depan rumah. Kursi-kursi ruang tamu dengan nuansa jaman dulu pun masih ada.

Di rumah inipun ada ruang bawah tanah.

Rumah ini membentuk leter U. Sehingga selain halaman depan juga ada halaman di tengah rumah. Ada banyak ruang yang tidak terpakai di rumah ini. Tampak pohon sawo duren yang tumbuh dengan subur. Adapula kolam renang yang sudah tidak terbakai membentuk angka 8. Juga tampak bagasi yang sudah tidak ada mobil antik lagi.

Dulunya ada ada mobil antik peninggalan sang kolonel yaitu plymouth buatan Amerika. Tapi saat ini sudah ada di Jakarta untuk diurus.

 

 

“Mobil antik itu sudah di Jakarta, dibawa pada 2015 untuk diperbaiki karena ada yang berminat. Itu adalah mobil tahun 1957,” ungkapnya.

Arman Abunjani merupakan anak ke delapan Kolonel Abunjani. Ia tinggal di rumah itu bersama istri dan ketiga anaknya. Rumah ini tidak pernah direnovasi dari awal pembangunan.

Kolonel Abunjani sendiri memiliki delapan orang anak. Arman mengatakan yang masih hidup ada enam orang.*

 


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *