Menteri Basuki Lepas Peserta Nusantara Sail 2023 Berlayar dari Jakarta Menuju IKN Nusantara

Menteri Basuki Lepas Peserta Nusantara Sail 2023 Berlayar dari Jakarta Menuju IKN Nusantara
Menteri Basuki Lepas Peserta Nusantara Sail 2023 Berlayar dari Jakarta Menuju IKN Nusantara

KENALI.CO.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melepas para peserta Nusantara Sail 2023 di Pantai Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/9/2023).

Menteri Basuki mengatakan perhelatan Nusantara Sail tahun 2023 merupakan agenda perdana yang di harapkan dapat terus terlaksana pada tahun berikutnya.

Di lansir dari laman Kementerian PU dan Perumahan,  Kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran bersama dalam melestarikan laut dan mempromosikan budaya berlayar.

“Karena paling susah adalah memulai. Tunjukkan bahwa kita memang bangsa maritim dan bangsa pelaut. Laut bukan menjadi pemisah pulau-pulau, tapi justru penghubung pulau-pulau,”katanya.

Lebih lanjut Basuki mengatakan kegiatan ini  ada hubungannya dengan Kementerian PUPR dalam bertugas membangun infrastruktur konektivitas, jembatan kita adalah laut.

Kegiatan berlayar nasional akan di mulai dari Jakarta menuju Balikpapan, di lanjutkan menuju IKN Nusantara dan Samarinda. Para peserta direncanakan tiba di IKN Nusantara pada 24  September 2023.

“Ini kita konkret menuju Nusantara. Kita harapkan akan semakin banyak peserta dan pada 17 Agustus 2024 kita akan boyong ke sana dengan kapal,” kata Menteri Basuki.

Mempertemukan para pelaut Nusantara

Menteri Basuki berpesan kepada para pelaut peserta Nusantara Sail untuk tetap mengecek peralatan berlayar, menjaga kesehatan, dan memonitor prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Selamat jalan, saya tunggu di Pulau Balang, Balikpapan nanti tanggal 25 September 2023,” kata Menteri Basuki.

Ketua Panitia Pelaksana Nusantara Sail 2023 sekaligus Direktur Pembangunan Jalan, Direktur jendral Bina Marga Kementerian PUPR Wida Nirfaida mengatakan

Kegiatan Nusantara Sail 2023 merupakan rangkaian pelayaran yang mempertemukan para pelaut Nusantara menggunakan kapal tradisional bersejarah dengan pelaut internasional dari berbagai negara.

Baca Juga :  Mabuk, Wanita Telanjang Ini Berkeliaran di Bandara Denver

Tercatat jumlah pelaut yang ikut serta pada kegiatan berlayar sebanyak 101 orang dengan total 30 kapal.

“Beberapa kapal yang terlibat antara lain dari Indonesia, Malaysia, Afrika Selatan, Norwagia, dan Australia.

Sementara para pelaut yang terlibat terdiri dari 7 negara, yakni Indonesia, Amerika, Jerman, Afrika Selatan, Norwegia, Australia, dan Filipina,” kata Wida Nurfaida.

Menginspirasi lahirnya IKN Nusantara

Setiba di Kalimantan Timur nantinya, para peserta Nusantara Sail 2023 akan mengikuti serangkaian kegiatan misi perkenalan budaya dan misi sosial.

Selanjutnya penanaman pohon, serta ke Desa Pampang, kampung asli Suku Dayak yang berlokasi di Samarinda.

Perhelatan ini juga di harapkan dapat menginspirasi lahirnya IKN Nusantara yang hijau (green city), pintar (smart city), serta kota yang fokus terhadap potensi maritim (blue city) yang di kenal sebagai Nusantara.

Kegiatan ini turut di dukung oleh PT Pertamina (Persero), Yayasan Ayo Berlayar Indonesia (YABI), Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) .

Kemdian juga di dukung Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (PORLASI) serta Otorita IKN, pemerintah daerah, dan sejumlah kementerian/lembaga.

Hadir dalam acara Inspektur Jenderal Kementerian PUPR T. Iskandar, Direktur Jenderal  Bina Marga Hedy Rahadian, Direktur jendral Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia,

Direktur jendral Cipta Karya Diana Kusumastuti, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Hadir juga para Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian PUPR, serta Generasi Muda (Genmud) PUPR.

 

Sumber: pu.go.id