NEWS  

Muaro Jambi Waspada Karhutla Saat Pancaroba

Muaro Jambi Waspada Karhutla Saat Pancaroba
Muaro Jambi Waspada Karhutla Saat Pancaroba

KENALI.CO.ID, Muaro Jambi – Kabupaten Muaro Jambi masih berada dalam kondisi peralihan musim atau pancaroba. Di prediksi, musim kemarau akan mulai terjadi pada awal Juni 2024.

Menanggapi hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muaro Jambi telah mengidentifikasi sejumlah kecamatan yang berpotensi menjadi titik rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Sekretaris BPBD Muaro Jambi, Dodi Dorista, mengungkapkan bahwa ada tujuh kecamatan di Muaro Jambi yang rawan kebakaran hutan dan lahan,

yakni Kecamatan Kumpeh, Kumpeh Ulu, Maro Sebo, Taman Rajo, Sekernan, dan Jaluko.

“Ada tujuh kecamatan yang kita mitigasi bencana untuk karhutla: Kumpeh, Kumpeh Ulu, Maro Sebo, Taman Rajo, Sekernan, dan Jaluko,” ujar Dodi Dorista.

Sepanjang tahun 2024, sudah terjadi tiga kasus kebakaran hutan dan lahan. Insiden ini terjadi di Desa Londrang, Desa Pematang Gajah, dan Taman Rajo, yang di duga di sebabkan oleh ulah manusia.

“Dari Januari hingga saat ini, ada tiga titik api. Pertama di Londrang, kedua di Jaluko, dan ketiga baru-baru ini di Taman Rajo,” pungkas Dodi.

BPBD Muaro Jambi terus melakukan langkah-langkah mitigasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mencegah serta menangani kebakaran hutan dan lahan,

terutama menjelang musim kemarau yang di prediksi akan segera tiba.

Baca Juga :  Pangdam II/Sriwijaya,Tanam Cabe di Muaro Jambi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *