JAMBI, NEWS  

Mulai Minggu Besok Angkutan dan Hauling Batu Bara Bisa Jalan

Mulai Minggu Besok Angkutan dan Hauling Batu Bara Bisa Jalan
Mulai Minggu Besok Angkutan dan Hauling Batu Bara Bisa Jalan

KENALI.CO.ID -Mulai Minggu besok 10 September 2023, Mobilitas angkutan Batu bara beserta Haulingnya sudah bisa jalan.

Pasalnya Diskresi yang di keluarkan Direktur Lalu Lintas Polda Jambi dua pekan silam di cabut. Pencabutan diskresi oleh Dirlantas setelah adanya kesepakatan bersama yang di tandatangani.

Dalam surat pencabutan yang di tanda tangani Direktur Lalu Lintas di sebutkan bahwa, Dari hasil analisa dan pantauan terkait dengan Diskresi Kepolisian, bahwasanya sudah ada upaya upaya perbaikan jalan .

Kemudian juga  sudah ada komitmen bersama para perusahaan tambang, asosiasi dan para pemilik jasa transportir untuk mematuhi segala ketentuan yang di tetapkan terkait angkutan batubara.

Seperti aturan terkait tonase angkutan, kepatuhan jam operasional dan juga peraturan lalu lintas lainnya.

Menimbang beberapa hal tersebu, maka dengan ini Diskresi Kepolisian terkait penghentian
angkutan batu bara di jalan umum ( jalan nasional / provinsi / kota / kabupaten ) terhitung
tanggal 10 September di nyatakan di cabut.

Dengan catatan para pihak terkait mematuhi segala ketentuan terkiat mobilisasi angkutan batubara dan peraturan yang berlaku.

Namun apabila hasil rapat koordinasi yang telah di tetapkan di temukan pelanggaran di kemudian hari maka kebijakan pencabutan
diskresi kepolisian ini akan di pertimbangkan kembali.

Terimakasih, Diskresi Di cabut

Sementara itu Juru bicara KPK Pemerintah Jefri B Pardede menyikapi pencabutan diskresi soal angkutan batubara mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Jambi Cq Dirlantas.

Pihaknya dan para pelaku usaha tambang, baik sopir, usaha rumah makan dan usaha lainnya yang bergantung dari investasi batubara memang sudah menunggu keputusan ini.

Selanjutnya KPK Pemerintah akan menjaga kepercayaan di berikan ini dan mengawal semua kesepakatan dan komitmen bersama yang sudah di sepakati .

Baca Juga :  Kebakaran Rumah, Dua Anak Terpanggang Api

Di harapkan para pelaku usaha tambang batubara untuk menjalankan rekomendasi dan ketentuan deputi satu KSP.

Di mana rekomendasi KSP agar kegiatan hauling batubara jangan sampai mengganggu ketertiban masyarakat di sepanjang jalan umum di lintasi truck angkutan batubara.

“Kitameminta pihak perusahaan tambang dan transportir yang telah menanda tangani kerja sama untuk bisa saling bertanggung jawab,”katanya.

“dengan komitmen dan kesepakatannya, karena tujuan kerja sama adalah untuk melindungi dan memberikan rasa aman kepada semua pengguna jalan,” paparnya.

“Masyarakat terdampak harus di beri kenyamanan dalam berkendara di jalan umum” katanya.

 

“Namun bila nanti ada di temukan perusahaan yang tak mau menjalankan komitmen yang sudah di sepakati pihaknya akan mempertanyakan alasanya,” tutur Jefri.

Di sisi lain lanjut Jefri perusahaan tak mau komitmen, konsorsium akan merilis dan melaporkannya kepada Pemprov dan Polda Jambi.