Nama Koalisi Indonesia Maju bisa jadi Bumerang buat Prabowo, Miskin Kreativitas

KENALI.CO.ID, NASIONAL– Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting Saidiman Ahmad menganggap nama yang di pakai koalisi partai pendukung bakal capres Prabowo Subianto bisa menjadi bumerang. Koalisi Indonesia Maju, nama tersebut, pernah di pakai koalisi partai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Di bentuk pada 10 Agustus 2018, dibubarkan pada 26 Juli 2019. Saat itu koalisi terdiri dari PDIP, Golkar, Nasdem, PKB, PPP, Hanura, PSI, Perindo, PKPI, dan PBB.

Erick Thohir di tunjuk sebagai ketua koalisi tersebut. Sekretaris koalisi dijabat Hasto Kristiyanto. Sakti Wahyu Trenggono dan Agus Gumiwang Kartasasmita berduet menjadi bendahara koalisi. Menjelang Pilpres 2024, parpol pendukung Prabowo, yakni Gerindra, PKB, PBB, Golkar, dan PAN memakai nama koalisi yang sama. Saidiman menyebut duplikasi itu bukan mendekatkan Prabowo cs kepada identitas Jokowi, tetapi justru bisa menunjukkan miskinnya kreativitas.

“Kesan (Prabowo) sebagai pemimpin tegas dan independen yang merupakan kualitas personal yang selama ini di usung Prabowo bisa luruh karena duplikasi mentah-mentah nama dan slogan yang pernah di pakai partai-partai pendukung Jokowi 2019,” ujar Saidiman. Dia menilai duplikasi itu menunjukkan koalisi Prabowo tidak kreatif dan terlihat menjadi “pengikut buta” Jokowi.

“Itu juga tidak akan terlalu punya pengaruh pada dukungan untuk Ganjar Pranowo. Duplikasi nama koalisi partai-partai pendukung Jokowi 2019 ini bisa menjadi bumerang untuk kubu Prabowo,” kata Saidiman.

Koalisi pengusung dan pendukung pencalonan Prabowo sebagai presiden berubah nama menjadi Koalisi Indonesia Maju (KIM). Perubahan nama itu di lakukan setelah PBB, PAN, dan Golkar bergabung. Sebelumnya Gerindra-PKB telah menjalin kesepakatan dan membentuk Koalisi Kebangsaan Indonesia Raya (KKIR). (antara/jpnn)

Baca Juga :  Pemerintah Perluas Keterjangkauan Harga Beli Masyarakat di Kendaraan Listrik

Artikel ini telah tayang diJPNN.comdengan judul
“Nama Koalisi Indonesia Maju bisa jadi Bumerang buat Prabowo, Miskin Kreativitas”,
https://www.jpnn.com/news/nama-koalisi-indonesia-maju-bisa-jadi-bumerang-buat-prabowo-miskin-kreativitas?page=2 (*REYHAN/KENALI.CO.ID)