NasDem Optimistis PKS Tak Akan Tarik Dukungan untuk Anies Setelah Duet dengan Cak Imin

NasDem Optimistis PKS Tak Akan Tarik Dukungan untuk Anies Setelah Duet dengan Cak Imin

KENALI.CO.ID – Partai Nasional Demokrat (NasDem) optimistis Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan tetap bersama Koalisi Perubahan untuk mengusung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai pasangan capres-cawapres 2024.

“InsyaAllah kita berharap dan berkeyakinan PKS akan terus bersama koalisi ini,” kata Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem Ahmad Ali dalam keterangan tertulis, diterima Jumat (8/9/2023).

Ali menyampaikan, PKS merupakan kawan seiring dan sahabat seperjuangan dalam memperjuangkan perubahan. Terlebih, PKS jadi partai politik kedua yang ikut mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres setelah NasDem.

“Setelah Nasdem, PKS-lah yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai presiden,” ujar dia.

Dia menyakini, PKS tidak akan menarik dukungan pencapresan untuk Anies, maka dari itu setelah penetapan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai cawapres pendamping mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Hal tersebut, kata Ali, dapat dilihat bagaimana PKS tetap kolaboratif usai pengumuman pasangan capres dan cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang digelar di Surabaya pada Sabtu, 2 September 2023 lalu.

maka dari itu Dia berujar, setelah deklarasi capres-cawapres, PKS tetap menghadirkan Anies Baswedan dalam acara-acaranya di berbagai daerah, antara lain di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat, serta Medan, Sumatra Utara.

“Bismillah, PKS, PKB dan Nasdem akan berlayar bersama,” ujar Ali.

PKS Belum Bulat Dukung Duet Anies-Cak Imin

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih belum bulat menyatakan dukungan pada Anies Baswedan usai di tetapkan oleh NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berpasangan dengan Muhaimin Iskandar sebagai bakal capres-cawapres di Pilpres 2024.

Ketua DPP PKS Ahmad Mabruri mengakui pihaknya hingga kini masih menunggu keputusan dari Majelis Syura soal dukungan kepada Cak Imin sebagai calon wakil presiden.

Baca Juga :  Soroti Kasus Brigadir J, Elite Nasdem: Pertaruhan Nama Baik Polri

“Sudah di jelaskan juga masalah cawapres masih menunggu keputusan musyawarah Majelis Syura,” kata  kepada wartawan, Jumat (8/9).

Hanya saja PKS sudah menyambut bergabungnya PKB. lagi pula Hanya belum bisa sepenuhnya mendukung.

“Sudah ahlan wa sahlan kemarin, Pak Presiden PKS di konferensi pers. Hanya mekanisme di internal partai perlu ada penguatan dari majelis syura,” kata Mabruri.

PKS menegaskan sampai detik ini posisinya masih mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Keputusan tersebut belum berubah.

“Sesuai dengan konpers presiden PKS pada 2 September lalu. PKS tetap di koalisi. Capresnya Anies Baswedan,” jelas Mabruri.

 

(*WAHYU/KENALI.CO.ID)