Ongkos Angkut Batubara di Jambi Cukup Tinggi

  • Bagikan
petugas berjaga
info seputar jambi

KENALI.CO.ID, Jambi-Terjadi persaingan tidak sehat lagi, ongkos angkut batubara dari bibir tambang ke Pelabuhan Talangduku, cukup tinggi. hal ini cukup memberatkan dan sangat mengancam aktivitas pengusaha batubara di Provinsi Jambi.

Saat ini harga angkut batubara dari bibir tambang, seperti dari Mandiangin, Kabupaten Sarolangun ke Pelabuhan Talangduku, Kabupaten Muaro Jambi, sudah mencapai Rp 270 ribu s/d Rp 300 ribu/ton.

Padahal sebelumnya, harga angkut batubara itu hanya Rp 160 ribu/ton, demikian diungkapkan Alex Harianto salah satu pengusaha batubara yang juga memiliki beberapa tambang batubaranya di Provinsi Kalimantan.

Naiknya harga angkut batubara yang diungkapkannya bukanlah bentuk protes kepada pihak pengusaha transportasi batubara di Provinsi Jambi, atau kepada pihak orang per orang pemilik truk angkut batubara.

Tetapi persoalannya, kenaikan harga angkut batubara lebih disebabkan banyaknya masalah yang dihadapi dalam pengangkutan batubara di perjalanan, dan ini jelas tidak bijaknya Pemerintah Provinsi Jambi dalam mengatur transportasi truk batubara itu.

Kalau sebelumnya, setiap truk angkutan batubara dari bibir tambang ke Pelabuhan Talangduku dalam sehari bisa dilakukan sekali angkut, tetapi untuk saat ini untuk sekali angkut batubara bisa mencapai tiga sampai empat hari baru sampai ke Pelabuhan Talang duku.(*)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *