Pahami 6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit

Pahami 6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit

KENALI.CO.ID,KECANTIKAN – Mudah didapatkan dan harganya murah, inilah manfaat pepaya untuk kecantikan kulit yang harus Anda tahu.  Pepaya mengandung vitamin vitamin A, B, C, dan E yang berfungsi  untuk merawat dan menjaga sel kulit.

Selain itu, buah pepaya juga mengandung enzim yang berperan dalam peremajaan kulit seperti enzim proteolitik, enzim papain, dan chymopapain yang juga berfungsi sebagai antibakteri dan anti jamur.

Jika Anda tertarik dengan buah ini, berikut manfaat buah pepaya untuk kecantikan kulit, dilansir dari realfood.co.id:

1. Mencerahkan wajah

Manfaat pepaya untuk kecantikan adalah dapat mencerahkan wajah. Kandungan buah pepaya disebut-sebut mengandung sifat pemutih alami.

Untuk itu Anda bisa memilih produk kecantikan dengan bahan pepaya untuk membantu kulit tampak lebih cerah dan membantu membersihkan sisa kotoran dan kerusakan kulit akibat sering terpapar sinar Matahari.

2. Melembapkan wajah

Selanjutnya, pepaya dapat membantu melembapkan wajah. Hal ini dikarenakan enzim papain pada kandungan buah pepaya yang dapat membantu menjaga kulit kering dan mudah terkelupas.

Dengan adanya kandungan enzim ini dapat membantu wajah tampak lembut dan kenyal.

3. Membantu permasalahan pigmentasi kulit

Ternyata pepaya bisa membantu permasalahan pigmentasi kulit yang tidak merata atau menghilangkan bekas jerawat.

Kandungan buah pepaya seperti enzim papain, beta karoten membantu berperan sebagai pencerah alami untuk menghilangkan noda.

Selain itu asam alfa-hidroksi di dalamnya juga berperan sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel kulit mati akibat radikal bebas.

Pahami 6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit

4. Mengatasi permasalahan jerawat

Manfaat pepaya berikutnya adalah mengatasi permasalahan jerawat. Enzim papain dan chymopapain dalam pepaya dapat membantu mengurangi peradangan.

Enzim papain merupakan salah satu kandungan enzim yang banyak ditemukan dalam produk eksfoliasi, tak heran buah pepaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Baca Juga :  Tilang Elektronik Mulai Berlaku Pertengahan Maret di Kota Jambi

Selain itu vitamin A dalam buah pepaya diyakini mampu berperan sebagai obat jerawat dan mencegah peradangan jerawat.

5. Mengurangi kerutan di wajah

Kemudian, pepaya juga bisa mengurangi kerutan di wajah. Pepaya kaya akan antioksidan, seperti likopen yang berfungsi untuk melawan tanda-tanda penuaan di wajah.

Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin C dan E yang mampu melawan radikal bebas sehingga membuat kulit tampak awet muda.

Selain itu, manfaat pepaya juga untuk memperbaiki elastisitas kulit dan mengurangi tanda penuaan seperti kerutan dan flek hitam. Semakin rutin menggunakan masker pepaya dapat membuat Anda nampak awet muda.

6. Mengatasi mata panda

Manfaat pepaya lainnya adalah mengatasi mata panda. Lingkaran hitam di bawah mata yang kerap muncul ketika Anda kurang tidur atau kelelahan, kini dapat Anda atasi dengan buah pepaya.

Caranya cukup parut buah pepaya kemudian tempelkan di bawah area mata selama 10-15 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Jadi, itulah manfaat pepaya untuk kecantikan kulit. Anda bisa memilih produk skincare yang mengandung buah pepaya, mengonsumsi pepaya secara langsung atau membuatnya menjadi masker.

 

(*ENI/KENALI.CO.ID)

ARTIKEL INI PERNAH TAYANG: https://momsmoney.kontan.co.id

DENGAN JUDUL: https://momsmoney.kontan.co.id/news/pahami-6-manfaat-pepaya-untuk-kecantikan-kulit-1