Pakar kecantikan beberkan dampak kebiasaan mencukur bulu kaki dengan pisau cukur, bisa sebabkan peradangan pada kulit

Pakar kecantikan beberkan dampak kebiasaan mencukur bulu kaki dengan pisau cukur, bisa sebabkan peradangan pada kulit

KENALI.CO.ID,KECANTIKAN – Terkadang bagi sebagian perempuan yang memiliki bulu kaki membuat tidak percaya diri dan mengganggu penampilan.

Oleh karena itu, mereka pun rutin mencukur bulu kaki setiap minggu untuk mencegah bulu tumbuh dengan cepat.

Tetapi, tahukah kamu ternyata mencukur bulu kaki ternyata dapat menimbulkan permasalahan kesehatan?

Di jelaskan oleh seorang pakar kecantikan berbasis di London, Inggris, Trish Coultan mengatakan mencukur bulu kaki dengan menggunakan pisau cukur dapat berbahaya bagi kesehatan.

Coultan mengatakan, menurut penelitian para perempuan umumnya mencukur bulu kaki setiap dua hingga tiga hari. Tetapi, dengan mencukur bulu kaki dengan pisau atau pencukur bulu adalah cara yang terburuk bagi tubuh.

“Pisau cukur bisa membawa lebih banyak bakteri. Dan ketika di cukur, bakteri itu dapat menyebar ke luka dan menyebabkan peradangan dan infeksi kulit,” kata Coultan dikutip dari Mirror.co.uk pada 19 Desember 2023.

Lebih lanjut, Coultan juga menjelaskan bagi yang memiliki kulit sensitif harus sangat berhati-hati ketika hendak mencukur bulu kaki.

Pakar kecantikan beberkan dampak kebiasaan mencukur bulu kaki dengan pisau cukur, bisa sebabkan peradangan pada kulit

“Terlebih jika saat mencukur terdapat luka pada kaki, bagi kulit sensitif ini akan lebih membawa banyak bakteri. Sehingga dapat menyebabkan peradangan dan infeksi kulit juga,” jelasnya.

Coultan pun memberikan saran sebaiknya tidak menggunakan pisau cukur untuk mencukur bulu kaki. Sebaiknya, menggunakan krim penghilang rambut ataupun dengan pergi ke salon kecantikan untuk melakukan waxing.

“Beberapa bentuk hair removal yang populer termasuk krim hair removal dapat di lakukan di rumah. Selalu gunakan busa bukan sabun jika akan bercukur, selalu gunakan busa. Ini akan membantu melumasi pisau dan kulit dan meminimalkan risiko ruam cukur,” ujarnya.

Baca Juga :  Ini Dia 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan; Mulai dari Propolis, Bifolen Semua Bermanfaat

“Jika ada sedikit luka akibat goresan, bersihkanlah dengan tisu kering yang bersih dan biarkan udara untuk menekan pendarahan,” timpal Coultan.

Namun, Coultan pun menyarankan untuk tidak melakukan waxing di rumah karena dapat menyebabkan kulit menjadi lecet dan memar. Jadi, sebaiknya kamu harus pergi ke salon atau ke klinik kecantikan untuk melakukan waxing.

“Lakukanlah waxing dengan orang yang ahli dan profesional yang bisa melakukan waxing dengan benar tanpa membuat memar dan lecet pada kulit,” tuturnya.***

 

(*ENI/KENALI.CO.ID)

ARTIKEL INI PERNAH TAYANG: https://www.hops.id

DENGAN JUDUL: https://www.hops.id/fit/29411248572/pakar-kecantikan-beberkan-dampak-kebiasaan-mencukur-bulu-kaki-dengan-pisau-cukur-bisa-sebabkan-peradangan-pada-kulit