Para Bos Kartel Narkoba Terkaya, Nilainya Bikin Geleng-geleng Kepala

  • Bagikan

Kenali.co.id,-BOGOTA – Bisnis narkoba merupakan bisnis gelap dan ilegal. Para bos kartel narkoba ini mempunyai pergerakan yang rapi serta terorganisir sehingga pihak kepolisian hingga agen keamanan internasional dibuat kesulitan untuk menangkapnya.

Selain itu, bos kartel narkoba juga dapat meraup kekayaan yang fantastis. Berikut daftarnya yang akan membuat geleng-geleng kepala.

1. Pablo Escobar USD30 Miliar (Rp428 Triliun)

Dia merupakan salah satu pendiri Kartel Medellin. Ketika berada di puncak kekuasannya, Escobar dapat meraup keuntungan USD60 juta setiap harinya ketika memasuk kokain ke pasar Amerika Serikat (AS) yang menguntungkan.

Dia sangat keras melawan pemerintah Kolombia pada 1970-1990. Pada 1993, Escobar tewas ketika dia ditembak mati dalam baku tembak melawan aparat yang hendak menangkapnya. Kekayaan Escobar diperkirakan USD30 miliar.

2. Amado Carrillo Fuentes USD25 Miliar (Rp356 Triliun)

Amado Carrillo Fuentes adalah gembong narkoba Meksiko yang mengambil alih Kartel Juarez setelah dia membunuh mantan pemimpinnya, Rafael Aguilar Guajardo.

Ketika pemerintah mencoba menangkap Fuentes, dia memilih melakukan operasi plastik di wajahnya untuk mengubah penampilan.

Namun dia meninggal ketika menjalani operasi pada 1997. Kekayaannya ditaksir USD25 miliar.

3. Dawood Ibrahim Kaskar USD6,7 Miliar (Rp96 Triliun)

Dawood Ibrahim Kaskar berasal dari Mumbai, India. Dia mendirikan D-Company, sindikat kejahatan yang terorganisir di India.

Pada 2011, dia menempati posisi ketiga sebagai buronan paling dicari oleh FBI. Dia diduga melakukan terorisme, perdagangan narkoba, pemerasan hingga pembunuhan.

Kerajaan kriminalnya tersebar di India, Asia Selatan, Afrika, Inggris, Eropa Barat hingga Timur Tengah. Kekayaan Kaskar mencapai USD6,7 miliar.

4. Ochoa Bersaudara USD6 Miliar (Rp86 Triliun)

Jorge Louis Ochoa Vasquez, Juan David Ochoa Vasquez, dan Fabio Ochoa Vasquez adalah para pendiri dan anggota Kartel Medellin.

Ochoa Brothers sudah memproduksi dan memperdagangkan kokain sebelum Kartel Medellin terbentuk. Kemudian mereka bergabung dengan Escobar.

Pada 1987, Ocha bersaudara ini masuk dalam daftar miliarder global yang dikeluarkan Forbes. Pada 1991 mereka ditangkap dan bebas pada 1996.

Pada 1999, Fabio ditangkap lagi dan dijatuhi hukuman penjara selama 30 tahun. Juan David meninggal pada 2013 akibat serangan jantung. Ocha bersaudara ini mempunyai kekayaan USD6 miliar.(Riani/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *