Pelabuhan Batu Bara di Talang Duku Tidak Standar, Kapolda Jambi Minta Stop Beroperasi

  • Bagikan
petugas saa pemeriksaan pelabuhan
info seputar jambi

KENALI.CO.ID, Jambi– Sesuai perintah Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, Dirreskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Christian Tory pun menggelar rapat koordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

Menindaklanjuti rapat koordinasi tersebut, Kamis malam, 13 Oktober 2022, petugas KSOP Talang Duku melakukan pemeriksaan terhadap salah satu pelabuhan bongkar muat batu bara.

Fakta di lapangan, bahwa pelabuhan tersebut belum memenuhi standar, sehingga dihentikan operasionalnya untuk beberapa hari ke depan guna dibenahi.

“Pelabuhan batu bara harus memberi pelayanan bongkar muat yang cepat. Untuk itu harus ada instrumen tertentu yang dimiliki pelabuhan,” kata Rachmad.

Instrumen yang dimaksud Kapolda Jambi adalah, yang memiliki pintu masuk luas, dilengkapi kantong parkir, lampu penerangan, infrastruktur jalan yang memadai, tenaga kerja didukung peralatan kerja yang memadai, dan tentunya tata kelola yang baik serta selalu mengutamakan keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja.

Selain disebabkan infrastruktur jalan yang rusak sepanjang mulut tambang sampai pelabuhan, Rachmad mengatakan bahwa kepadatan kendaraan yang menimbulkan kemacetan juga disebabkan lambatnya pelayanan bongkar muat di Pelabuhan Talang Duku.

Sebelumnya, Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, meminta Dirreskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Christian Tory, untuk melaksanakan rapat koordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

Rakor ini juga melibatkan seluruh operator penyedia jasa pelabuhan bongkar muat batu bara.(ji)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *