Pelaku Usaha Kecil Pertanyakan Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

  • Bagikan

Kenali.co.id, SOLO –  Tidak sedikit pelaku usaha skala kecil masih meraba-raba manfaat konkret penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang segera diterapkan di tempat usahanya, khususnya di bidang kuliner.

Seperti diungkapkan Ganang, salah seorang penanggung jawab kafe di Kota Bengawan. “Saat semua diwajibkan pakai aplikasi itu, saya pikir sedikit lebih ribet daripada biasanya,” ujarnya, Kamis (23/9).

Ganang mengaku belum mendapat informasi secara utuh terkait PeduliLindungi di tempat usaha. Yang dia butuhkan tidak hanya kemudahan mendapatkan sarana pendukung aplikasi tersebut, tapi juga manfaat aplikasi tersebut khususnya bagi pelaku usaha kecil.

“Pemerintah harus bisa menjawab apa manfaat pasti bagi pelaku usaha jika menerapkan aplikasi itu. Selain merekam perjalanan dari si pengunjung, kira-kira apa manfaatnya ketika orang sudah memindai barcode? Terus apa manfaat utama ke para pelaku usaha, apalagi kalau skalanya cuma kedai kecil,” urai dia.

Sekadar informasi, pemkot menyosialisasikan cara pengajuan quick response (QR) Code Peduli Lindungi bagi kantor, instansi, dan pelaku usaha. Pendaftaran secara online bisa dilakukan oleh pemohon yang sudah punya izin usaha, sedangkan yang belum, harus melalui mekanisme survei.

“Masyarakat sudah bisa mengajukan (QR Code PeduliLindungi) melalui berbagai cara karena sudah difasilitasi pemerintah. Bukan hanya untuk restoran, kafe, dan sejenisnya. Tapi juga perkantoran dan instansi. Semuanya jadi satu melalui dinas pariwisata,” beber Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Aryo Widyandoko.

Menurutnya, partisipasi masyarakat sebagai pengguna aplikasi sangat penting dengan membagikan data lokasi saat bepergian, sehingga memudahkan penelusuran riwayat kontak dengan pasien Covid-19. (ves/wa/dam)


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *