JAMBI  

Pembukaan Festival Batanghari 2024 Spektakuler, Kemenparekraf Beri Penghargaan KEN untuk Provinsi Jambi

KENALI.CO.ID, JAMBI – Pembukaan event Festival Batanghari pada Jum’at malam 5 Juli 2024 berlangsung spektakuler. Pembukaan Festival Batanghari berlangsung di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Pinang Masak kawasan Ancol Kota Jambi. Hadir memimpin acara ini, Gubernur Jambi Al Haris didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hesnidar Haris.

Selai itu juga hadir Nia Niscaya, sebagai Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Anggota DPR RI Drs. H. Hasan Basri Agus (HBA), para bupati/wali kota se-Provinsi Jambi, para perwakilan dari provinsi tetangga, Sekda Provinsi Jambi Dr. H. Sudirman, SH, MH, para Unsur Forkopimda Provinsi Jambi, para OPD Provinsi Jambi dan Kepala Dinas Pariwisata kabupaten/kota se-Provinsi Jambi serta para tamu undangan lainnya.

Festival Batanghari ini merupakan salah satu event yang telah masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf Indonesia. Nia Niscaya mengatakan, bahwa tidak mudah untuk masuk dalam event Karisma Nusantara karena harus melalui proses kurasi yang begitu ketat. Sebagai bentuk apresiasi, dalam pembukaan ini Kemenparekraf memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Jambi.

“Kami menyampaikan selamat, karena Provinsi Jambi telah memiliki 2 event Karisma Event Nusantara. Ini tidak mudah Bapak Ibu Sekalian, karena kurasi yang begitu ketat dilakukan oleh ahli. Dan untuk itu kami akan memberikan piagam penghargaan untuk Provinsi Jambi,” ujar Nia Niscaya dalam sambutannya.

Nia Niscaya juga memuji keunggulan kuliner Jambi yang dapat mendukung kemajuan dunia pariwisata Nusantara.

“Produk kuliner Jambi sangat mendukung Provinsi Jambi dalam dunia pariwisata, ini akan menjadi nilai tambah bagi parawisata nusantara serta menampilkan berbagai produk kreatif hasil karya masyarakat Jambi yang akan berkunjung ke Jambi,” tambahnya.

Baca Juga :  Kuota CPNS-PPPK Pemprov Jambi hanya 394 Orang


Festival Batanghari yang termasuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) tahun ini mengangkat tema “Semakin Dilestarikan Semakin Mensejahterakan”. Event ini berlangsung mulai dari tanggal 05 sampai 08 Juli 2024.

Gubernur Al Haris mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang telah banyak membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dalam bidang kepariwisataan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang sudah luar biasa menggerakkan dan membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam bidang kepariwisataan, semoga tingkat kunjungan wisata di Provinsi Jambi semakin baik dan omset kita semakin baik dalam rangka memulihkan ekonomi dalam bidang wisata, yang selama ini terpuruk dikarenakan menanggung imbas dari merosotnya industri pariwisata akibat pandemi virus corona,” ujar Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris juga menjelaskan bahwa Provinsi Jambi banyak sekali potensi wisata yang bisa dikembangkan, ada beberapa macam baik itu wisata alam, budaya dan juga sejarah.

Provinsi Jambi banyak sekali wisata yang bisa kita kembangkan, ada beberapa macam baik itu wisata alam, budaya dan juga wisata sejarah, kalau kita mau lihat wisata alam misalnya ada beberapa daerah di Jambi yang tidak kalah dengan tempat wisata lain di Indonesia seperti misalnya Candi Muaro Jambi, Gunung Kerinci yang tertinggi di Asia tenggara dan Merangin Geopark serta goa-goa yang ada, kemungkinan tidak banyak daerah lain punya, saat ini Candi Muaro Jambi dalam pemugaran dari pemerintah pusat. Kami juga ucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim yang telah banyak menggelontorkan dananya untuk Jambi dalam pemugaran Candi Muaro Jambi, yang insya Allah diakhir tahun nanti bisa diresmikan oleh Presiden RI,” jelas Gubernur Al Haris.

“Saya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak, perangkat daerah terkait, seluruh komunitas budaya, penggiat aktivis lingkungan, dan seluruh masyarakat Provinsi Jambi atas dukungan dan peran sertanya sehingga Festival Batanghari kembali terkurasi masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *