JAMBI, NEWS  

Pemilihan Duta Genre Tingkat Kecamatan Kota Jambi Berperan Turunkan Angka Stunting

KENALI.CO.ID, JAMBI – Antusias generasi muda untuk mengikuti ajang pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) di provinsi jambi sangat besar.

Pemilihan ini merupakan salah satu program dari DPPKB Kota Jambi untuk mengkampanyekan Anti Napza, seks bebas, dan anti pernikahan dini dikalangan remaja.

Bertempat di Aula Kantor DPPKB Kota Jambi, menggelar acara pemilihan duta GenRe 2024 tingkat kecamatan 2024, yang diikuti oleh 33 orang putra dan putri dari perwakilan seluruh kecamatan/kota jambi.

Ajang pemilihan Duta Genre tingkat kecamatan 2023 dibuka oleh Kepala Dinas DPPKB Kota Jambi Drg. Irawati Sukandar, Rabu (17/4/2024).

“Salah satu peran Duta GenRe adalah dalam upaya berkontribusi penurunan angka stunting di Kota Jambo,” katanya.

Gelaran ini diselenggarakan oleh Dinas PPKB, di mana Program GenRe adalah program yang ditujukan untuk mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah, dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Duta Generasi Berencana tingkat kecamatan kota jambi memegang peran penting untuk menyosialisasikan bahwa keluarga adalah segala-galanya. Genre adalah suatu program dari singkatan “Generasi yang Punya Rencana” yang diluncurkan oleh pemerintah lewat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Dari 30 orang pendaftar, lalu mengikuti tahapan demi tahapan seleksi, didapat 15 pasang terbaik finalis pada hari ini, selanjutnya tim dewan juri akan kembali melakukan seleksi guna mencari 5 pasang terbaik yang akan dinobatkan sebagai Duta GenRe tingkat kecamatan Kota Jambi Tahun 2024.


Keberhasilan gemilang kembali diraih oleh para siswa MAN 2 Kota Jambi. Kali ini, enam anggota (PIK-R) Gemintang berhasil meraih predikat Duta Genre dalam Ajang Pemilihan Duta Genre Kecamatan Tahun 2024.
Prestasi ini terjadi dalam gelaran Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Tingkat Kecamatan di Kota Jambi. Dengan tema “SEKARANG SAATNYA BERPRESTASI, DENGAN MASA DEPAN CERIA” dan Sub tema (Triad Kesehatan Remaja):

Baca Juga :  7 Jenis Filler Wajah untuk Menjaga Kecantikan, Tampak Awet Muda dan Tidak Berkerut

1. Say No to Drug, Say No to free seks
2. Masa depan lebih indah tanpa narkoba
3. Rencanakan masa depanmu, pendewasaan usia perkawinan (PUP), kejar cita- citamu setinggi langit.

 

Ajang ini telah mempertemukan bakat-bakat terbaik dari berbagai sekolah di Kota Jambi. Pendaftaran untuk ajang bergengsi ini telah dimulai sejak 12 Maret 2024 dan berakhir pada tanggal 17 April 2024. Proses pendaftaran dilaksanakan secara online serta offline di Balai Perwakilan KB Kecamatan dan kantor Dinas PPKB Kota Jambi.

Selanjutnya, rangkaian kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 18 hingga 21 April 2024. Tahapan awal melibatkan pengecekan kelengkapan administrasi peserta serta pelaksanaan technical meeting di Aula Kantor Dinas PPKB Kota Jambi. Para siswa MAN 2 Kota Jambi yang tergabung dalam PIK-R Gemintang mampu menunjukkan kemampuan dan keahlian mereka dalam kompetisi tersebut. Dengan kreativitas dan dedikasi yang tinggi, enam anggota PIK-R Gemintang berhasil meraih predikat Duta Genre, membanggakan sekolah serta kecamatan mereka. Keenam siswa tersebut ialah:

1. Duta Genre Inspirator Kategori Putra dan Duta Genre Terfavorit kategori Putra Tingkat Kecamatan Jambi Selatan atas nama Abd. Muiz Kaysan kelas X IIS 2
2. Duta Genre Motivator kategori putri atas nama Annisatul Ma’ani kelas X IIK 1
3. Duta Genre Terfavorit kategori Putri Tingkat Kecamatan Paal Merah atas nama Dara Larashati kelas XI MIA 1
4. Duta Genre Terfavorit kategori Putra Tingkat Kecamatan Jelutung atas nama M. Riski Ananda kelas XI IIK 2
5. Duta Genre Terfavorit kategori Putra Tingkat Kecamatan Kota Baru atas nama M. Raditya Nauval Arrahman XI IIK 3
6. Duta Genre Terfavorit kategori Putri Tingkat Kecamatan Jambi Selatan atas nama Aurelia Yasmin Nizara kelas X MIA 1

Baca Juga :  Simak Harta Kekayaan Edhy Prabowo

Kepala MAN 2 Kota Jambi, Andi Asfiron juga hadir menyampaikan kebanggaannya atas prestasi gemilang yang diraih oleh para siswa. Ia juga mengapresiasi upaya serta kerja keras yang telah ditunjukkan oleh seluruh anggota PIK-R Gemintang dalam mencapai prestasi tersebut. Prestasi ini tidak hanya mengukir nama sekolah, tetapi juga  MAN 2 Kota Jambi untuk terus mengharumkan nama Madrasah dan daerah.

Kegiatan pemilihan Duta GenRe tingkat kecamatan Kota Jambi secara resmi ditutup oleh PJ. Walikota yang diwakilkan oleh Sekda Kota Jambi  Drs. H. A. Ridwan, M.Si. beliau menyampaikan Duta Generasi Berencana tingkat kecamatan memegang peran penting untuk mensosialisasikan dan merespon terkait permasalahan remaja di Kota Jambi, menginspirasi para siswa untuk terus berkarya dan berprestasi di berbagai bidang. Selamat kepada para pemenang dan semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi seluruh peserta.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *