NEWS  

Peminat UIN STS Jambi Meningkat Drastis di Tahun 2024

Peminat UIN STS Jambi Meningkat Drastis di Tahun 2024
Peminat UIN STS Jambi Meningkat Drastis di Tahun 2024

KENALI.CO.ID- JAMBI – Keberadaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi sebagai perguruan tinggi keislaman terbesar di Provinsi Jambi semakin menunjukkan tren positif.

Tahun ini, UIN STS Jambi semakin menjadi incaran para lulusan SLTA/sederajat, baik dari dalam maupun luar Provinsi Jambi.

Hal ini di buktikan dengan jumlah peminat UIN STS Jambi  yang melonjak drastis. Tercatat sebanyak 4.118 peminat telah terdata untuk mengikuti seleksi melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (UM-PTKIN).

Lonjakan ini terlihat apabila di bandingkan dengan total peminat pada tahun lalu yang sebanyak 3.387 pendaftar, dengan 1.178 orang dinyatakan lulus.

Dari jumlah peminat tahun ini, mereka akan memperebutkan 35 persen kuota mahasiswa jalur UM-PTKIN. Proses seleksi akan berlangsung mulai Senin (24/6) hingga Minggu (30/6).

UM-PTKIN merupakan proses seleksi berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang diselenggarakan serentak di seluruh perguruan tinggi Islam di Indonesia.

Menurut informasi yang di peroleh, peminat terbanyak adalah untuk Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

dan Program Studi Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Selain itu, Program Studi Ekonomi Syariah pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Program Studi Ilmu Pemerintahan pada Fakultas Syariah juga menjadi favorit.

 

Menyesuaikan daya tampung

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan UIN STS Jambi, Saparuddin, S.Pd., M.Pd., menjelaskan bahwa kelulusan mahasiswa akan di sesuaikan dengan daya tampung yang tersedia.

Dari 4.118 peminat tersebut, hanya 1.460 kursi yang tersedia di UIN STS Jambi.

“Total peserta yang mengikuti Sistem Seleksi Elektronik (SSE) di Panlok UIN STS Jambi sebanyak 1.772 orang. Peminat UIN Jambi sebanyak 4.118. Jadi peminatnya selalu bertambah.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Hari ini, Sebagian Besar Cerah. Suhu Terendah 16 Derajat Celsius Tertinggi 34 Derajat

“Di UIN STS Jambi ini, kita menyediakan kuota untuk Jalur UM-PTKIN sekitar 1.460 kursi,”katanya.

“Insya Allah, semoga tahun depan dan tahun-tahun berikutnya lagi akan terus bertambah kuota UIN STS Jambi dari Jalur UM-PTKIN untuk mengakomodir tingginya peminat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (UTIPD) UIN STS Jambi, Titin Agustin Nengsih, Ph.D.

menyatakan kesiapan ujian tahun ini dengan menyediakan fasilitas terbaik untuk pelaksanaan tes,

termasuk 50 perangkat komputer dari total 2 ruangan dengan 50 peserta di tiap ruangnya.

“Alhamdulillah, kegiatan UM-PTKIN hari pertama ini berjalan lancar. Terbukti tidak ada kendala dalam pelaksanaan ujian, semua berjalan lancar, tertib, dan aman,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *