JAMBI, NEWS  

Pemprov Jambi Dukung Penuh HPN 2021, Sekda Minta Agenda Rutin PWI Direncanakan

Kenali.co.id, JAMBI – Pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN)2021 tetap dihadiri Presiden RI Joko Widodo, tetapi melalui darring. Setidaknya ada 10 ribu yang hadir se-propinsi di Indonesia. PWI Provinsi juga ikut merayakan puncak HPN bersama gubernur , Sekda dan undangan lainnya.

Hal inilah yang dilaporkan  PWI Jambi dan panitia HPN kepada Sekda kemaren, Senin (17/1) untuk bersama mensukseskan HPN di Jambi.

Pemprov Jambi mendukung penuh pelaksanaan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang puncaknya akan digelar pada Selasa, 9 Februari 2021 di Ancol, Jakarta. Rangkaian kegiatan HPN 2021 di tengah pandemi Covid-19 ini digelar secara virtual. Selain tingkat nasional, PWI Provinsi Jambi juga akan menggelar beberapa acara lokal.

“Pemprov Jambi akan dukung penuh PWI untuk menyukseskan kegiatan HPN 2021,” kata Sekda Provinsi Jambi, Sudirman. Penegasan ini disampaikan Sudirman saat menerima Panitia Peringatan HPN 2021 PWI Provinsi Jambi di ruang kerjanya, Senin (18/1).

Hadir dalam pertemuan itu, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi H.R Ridwan Agus Depati dan Sekretaris PWI Provinsi Jambi, Hery FR. Dari jajaran panitia, hadir Ketua Mukhtadi Putranusa,  Sekretaris Sabar Yusminardi, Bendahara M Surtan dan Paisal Kumar.Jajaran pengurus PWI Jambi saat diterima sekda Sudirman

Sudirman juga memastikan Gubernur Jambi, Fachrori Umar beserta jajaran akan mengikuti puncak peringatan HPN 2021 tersebut secara virtual di Kantor Gubernur Jambi.

“Kita juga akan koordinasi dengan Forkopimda Provinsi Jambi untuk mengikuti kegiatan ini. Termasuk para kepala daerah di Provinsi Jambi,” kata Sudirman yang didampingi Kabag Perencanaan dan Kepegawaian Biro Administrasi Pimpinan, Sabriyanto.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Jambi H.R Ridwan Agus Depati menyambut baik atas respon positif yang disampaikan Sekda Provinsi Jambi. “Sambutan luar biasa dari Sekda. Semoga ini terus berlanjut sebagai bentuk sinergi antara PWI dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

Baca Juga :  FGD SMSI 'Peran Media Siber Tangkal Hoaks di Tahun Politik' Resmi Dibuka Wadir Intelkam Polda Jambi

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan HPN 2021 PWI Provinsi Jambi, Mukhtadi Putranusa menjelaskan HPN 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Pandemi Covid-19 menyebabkan peringatan HPN 2021 digelar secara virtual. Tapi ini tetap tidak mengurangi makna peringatan HPN tersebut. Presiden RI Jokowi juga akan hadir menyapa kepala daerah dan peserta lainnya,” katanya.

HPN kali ini akan dicanangkan sebagai HPN pertama yang diselenggarakan secara virtual oleh PWI Pusat dan diikuti secara serentak oleh seluruh PWI Provinsi, PWI Kabupaten dan Kota, serta konstituen Dewan Pers lainnya, seperti SMSI, AMSI, ATVSI, ATVLI, SPS, PRSSNI, PPPI, SGP, PFI. Puncak HPN ini ditargetkan akan diikuti oleh sepuluh ribu wartawan dari seluruh Indonesia secara virtual.

Di Jambi sendiri, kata Mukhtadi, selain mengikuti puncak peringatan HPN 2021 secara virtual, PWI Provinsi Jambi akan menggelar Lomba Karya Jurnalistik dan bakti sosial.

Masukkan di APBD

Disisi lain Sudirman minta agar agenda rutin PWI  seperi HPN dan Porwanas bisa diajukan sebelum pembahasan APBD, sehingga bisa dimasukkan dalam rancangan anggaran.”HPN ini sudah merupakan agenda rutin, sehingga diharapkan pwi bisa memberi proposal sebelum pembahasan APBD, bila memang ada aturan yang memungkinkan dimasukkan di APBD”katanya.

Dalam kesempatan itu Mukhtadi psosialisasikan  keberadaan Serikat Media Siber Indonesia(SMSI) oleh mukhtadi putranusa selaku ketua SMSI propinsi Jambi. Dimana 2020 SMSI resmi bagian dari konstituen dewan pers. dan dalam HPN 2021, SMSI juga berperan aktif bersama PWI. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *