15 Desa Baru Disahkan Kemendagri

  • Bagikan
info seputar jambi

KENALI.CO.ID, Jambi-Direktorat jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara resmi menyetujui usulan pemekaran desa di Kabupaten Tebo. Persetujuan ini ditandai dengan dikeluarkannya nomor dari 15 desa di 4 Kecamatan di Kabupaten Tebo, yang diajukan untuk dimekarkan. Nomor desa ini sendiri dikeluarkan (20/10/2022).

Penjabat Bupati Tebo H.Aspan. ST., mengatakan, secara resmi nomor sudah dikeluarkan dan pemerintah kabupaten (Pemkab) mendapatkan salinan nomor tersebut dari kementerian. “Nomor desa sudah dikeluarkan artinya desa sudah resmi dimekarkan, katanya. Lanjutnya, pekan depan secara langsung Surat ketetapan (SK) dan nomor desa akan diterima oleh Pemkab Tebo yang akan diserahkan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Pemekaran ini sudah diidamkan oleh masyarakat setelah sekian di lama menunggu”, ungkapnya.

Berikut nama-nama desa yang dimekarkan, pertama desa Kemantan yang merupakan pecahan dari Kelurahan Sungai bengkal Kecamatan Tebo Ilir. Kemudian, di Kecamatan Rimbo Bujang, Desa Mekar Kencana pecahan dari desa Tirta Kencana. Selanjutnya, Desa Purwodadi yang awalnya merupakan wilayah dari Desa Purwoharjo. Tegal Sari dari Tegal Arum, Perintis Jaya, dan Perintis Makmur merupakan pemekaran dari Desa Perintis Jaya Mulya pemekaran dari desa Rimbo Mulya, Kecamatan Rimbo Bujang.

Di kecamatan Rimbo Ulu, yang baru dimerkarkan yakni Desa Mekar Sari, Desa Wana Arum, Desa Wana Mulya, Desa Damai Makmur, Desa Suka Jaya, dan Desa Sido Mulyo. Kemudian, di Kecamatan Rimbo Ilir, Desa Giri Mulyo dan terakhir, di Kecamatan Tengah Ilir Lubuk Mandarsah Ulu yang merupakan pemekaran Desa Lubuk Mandarsah.(*)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *