Pentagon Tuding Rusia Lakukan Penyadapan Pesawat

pesawat

Kenali.co.id, NASIONAL – menterian Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengeklaim tiga pesawat milik Angkatan Laut negara itu mengalami penyadapan secara tidak profesional yang dilakukan oleh Rusia di atas wilayah Mediterania.

Dilansir News Max, Kamis (17/2/2022), penyadapan terjadi ketika tiga pesawat Poseidon Angkatan laut P-8A milik AS terbang di wilayah udara internasional, di atas Mediterania. Meski tidak ada yang terluka, insiden ini menyebabkan kesalahan perhitungan yang mengarah kepada situasi berbahaya.

“Kami telah menyampaikan kekhawatiran kami kepada pejabat Rusia melalui saluran diplomatik,” ujar Mike Kafka selaku kepala Operasi Pers Pertahanan AS.

Kafka menuturkan, AS akan terus beroperasi dengan aman, profesional, dan konsisten, sesuai hukum di perairan dan wilayah udara internasional. Washington berharap Rusia melakukan hal yang sama.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa AS dan pasukan koalisi negara itu dipaksa untuk mengawal tiga pesawat Rusia. Insiden terjadi setelah mereka terbang ke wilayah udara koalisi terbatas di Suriah.

Rusia sedang melakukan latihan militer di Mediterania yang melibatkan lebih dari 15 kapal perang dan 30 pesawat. Hal ini dilaporkan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

 

Baca Juga :  Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Ditangkap KPK