KENALI.CO.ID-Menurut beberapa ahli kulit, dengan beragam kandungan vitamin di dalamnya, pepaya diperkirakan dapat digunakan sebagai pencerah, pengencang, dan pemutih kulit alami. Untuk mendapatkan kulit yang cerah dengan perawatan memakai pepaya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah.berikut ini:

  1. Haluskan 1 potong buah pepaya, kemudian peras untuk diambil airnya. Basahi kapas dengan air pepaya, oleskan ke bagian wajah, leher, dan dada. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.
  2. Campur ¼ cangkir pepaya matang, ¼ cangkir madu, 2 sendok teh oatmeal, ¼ cangkir cokelat, dan 2 sendok teh susu hingga rata. Oleskan masker campuran tersebut ke wajah Anda dan diamkan selama 10 menit, Terakhir, basuh wajah dengan air hangat hingga bersih.
  3. Campur ¼ cangkir pepaya yang telah dihaluskan dengan 1 sendok teh air perasan nanas. Kemudian balurkan ke wajah dan leher selama 15 hingga 20 menit. Jika wajah terasa gatal, itu tandanya masker sedang bekerja. Setelah 20 menit, bilas wajah hingga bersih.

Selain dengan cara manual seperti di atas, Anda juga bisa mendapatkan manfaat pepaya untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit dengan menggunakan sabun pepaya. Namun, pastikan Anda menggunakan produk yang sudah memiliki izin BPOM, ya.

Meski pepaya mengandung banyak vitamin C dan dipercaya baik untuk kulit, perlu dilakukan lebih banyak lagi penelitian untuk memastikan bahwa pepaya merupakan pemutih kulit alami yang efektif dan aman. Terlepas dari kandungan vitamin C yang tinggi serta vitamin A, pepaya juga mengandung banyak nutrisi lain. Misalnya vitamin E, alfa dan beta karoten, vitamin B, kalsium, folat, magnesium, kalium, vitamin K, likopen, serat, dan beragam nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.(*)