Piaggio Kembangkan Airbag untuk Sepeda Motor

  • Bagikan

Kenali.co.id, Jakarta -Piaggio bekerja sama dengan perusahaan pembuat airbag otomotif, Autoliv untuk mengembangkan sistem airbag pada sepeda motor. Keduanya telah menandatangani perjanjian pengembangan bersama untuk sistem airbag kendaraan roda dua.

Seperti diketahui, saat ini memang masih belum banyak sepeda motor yang dilengkapi sistem keamanan airbag. Satu-satunya produsen sepeda motor yang memiliki sistem airbag ini adalah Honda, yang disematkan untuk pertama kalinya pada Honda Gold Wing tahun 2006.

Dalam pernyataannya, Presiden dan CEO Autoliv Mikael Bratt mengatakan bahwa Autoliv telah mengembangkan konsep pertamanya dan siap untuk melakukan tes kecelakaan skala penuh. Pengembangan lebih lanjut dari produk airbag ini adalah mencapai tujuan komersialisasi potensial di masa mendatang.

“Pengembangan produk ini merupakan bagian integral dari agenda keberlanjutan kami dan langkah penting menuju tujuan kami menyelamatkan 100.000 jiwa per tahun pada tahun 2030,” kata Bratt, dikutip dari laman Rideapart hari ini, Senin, 8 November 2021.

Kantong udara ini nantinya akan dipasangkan pada frame kendaraan dan akan berfungsi dalam hitungan milidetik saat terjadi benturan. Belum diketahui sistem airbag ini akan dipasangkan pada model motor apa. Seperti diketahui, Piaggio Group saat ini menaungi beberapa merek sepeda motor seperti Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi.

Proyek airbag sepeda motor ini bukan menjadi yang pertama bagi Autoliv. Pada September lalu, perusahaan alat keselamatan otomotif asal Swedia ini mematenkan satu set setang yang dapat memisahkan diri untuk menghindarkan pengendara mengalami cedera saat terjadi kecelakaan.

(Naufal/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *