Presiden Jokowi Akan Tonton Pertandingan Peparnas Papua

  • Bagikan

Kenali.co.id, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan Presiden Joko Widodo akan menutup secara resmi penyelenggaraan Pekan Paralimpik Nasional XVI (Peparnas Papua) di Stadion Mandala Jayapura, 13 November mendatang.

Menpora mengatakan, selain menghadiri upacara penutupan, presiden juga bakal meninjau langsung pertandingan salah satu cabang olahraga sekaligus mengalungkan medali kepada para atlet.

“Bapak Presiden Joko Widodo akan hadir langsung menutup Peparnas. Ini juga rencananya beliau akan mengunjungi salah satu venue yang sedang melaksanakan pertandingan di Peparnas dan nanti panitia menyiapkannya,” ungkap Zainudin dalam rilis pers Kemenpora yang diterima di Jakarta, Selasa.

Presiden Jokowi sebelumnya berhalangan hadir dalam upacara pembukaan pesta olahraga disabilitas nasional itu pada 5 November lalu karena harus menjalani karantina selepas melakukan kunjungan luar negeri sehingga tugas tersebut diwakilkan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Lebih lanjut, Zainudin menilai bahwa Peparnas Papua 2021 secara keseluruhan berjalan lancar hingga hari keempat penyelenggaraan meski ditemui masih ada beberapa kekurangan minor.

Ia yakin pertandingan di seluruh cabang olahraga dapat berjalan lancar dan aman hingga upacara penutupan nanti.

“Sebab kalau sampai ada gangguan yang signifikan dan membuat pertandingan itu berhenti, itu akan membuat catatan yang tidak baik terhadap keseluruhan penyelenggaraan ini. Sampai hari ini saya kira penyelenggaraan masih berjalan dengan lancar dan prestasi,” ucapnya.

Peparnas hingga hari keempat telah mencatatkan sejumlah pemecahan rekor di beberapa cabang olahraga, seperti renang dan atletik.

Peparnas Papua mempertandingkan 12 cabang olahraga di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Ke-12 cabang yang dilombakan pada Peparnas 2021 itu meliputi angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Mereka memperebutkan 2.812 keping medali terdiri dari 861 emas, 861 perak, dan 1.090 perunggu dalam 640 nomor perlombaan. Jawa Barat merupakan juara umum Peparnas 2016 lalu. (Naufal/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *