PWNU Jatim Angkat Suara Tentang Pria Tendang Sesajen

  • Bagikan
PWNU
Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Shohib
info seputar jambi

Kenali.co.id, BERITA DAERAHPWNU Jatim menyayangkan aksi pria yang membuang dan menendang sesajen di lokasi erupsi Semeru. Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Shohib berharap ada proses hukum bagi pelaku.
Gus Salam sapaaan akrab KH Abdussalam menyebut apa yang dilakukan pria tersebut menyinggung umat agama lain. Padahal Indonesia adalah rumah bagi keanekaragaman agama.

“Kami sangat menyayangkan kejadian tersebut karena bisa menyinggung umat dari agama yang lain. Sementara kita sebagai bangsa sudah bersepakat untuk hidup bersama dengan damai, semangat toleransi, dan menghargai satu dengan yang lain,” kata Gus Salam kepada detikcom di Surabaya, Senin (10/1/2022).

Gus Salam menambahkan untuk menjaga situasi tetap aman dan damai, perlu ada proses hukum bagi pria tersebut.

“Saya berharap ada proses hukum yang dijalankan untuk menjaga situasi dan kondisi agar tenteram,” imbuhnya.

Gus Salam mengatakan manusia memang perlu meyakini agamanya sendiri. Namun, penting juga untuk menghormati agama lain.

“Kita boleh bahkan harus meyakini agama kita yang benar, tapi pada saat yang sama kita harus menghormati keyakinan orang lain,” tambah Gus Salam.

Hal ini juga tertulis dalam salah satu ayat di Al Qur’an. “Dalam ayat Al Quran juga ditegaskan : Jangan engkau menghina Tuhan mereka (umat agama lain), karena itu akan menyebabkan mereka akan menghina aku (Allah),” pungkasnya.

Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Shohib 

Sebelumnya, video viral berdurasi 30 detik itu memperlihatkan seorang pria mengenakan tutup kepala dan rompi berdiri lalu mendekat ke sebuah s yang diletakkan di atas tanah. Ada dua sesajen yang terlihat yakni buah dan nasi yang masing-masing berada di wadahnya.

Sambil menunjuk ke sesajen pria itu berkata,

“Ini yang membuat murka Allah. Jarang sekali disadari bahwa inilah yang justru mengundang murka Allah, hingga Allah menurunkan azabnya. Allahu Akbar,” ucap pria tersebut.

Sedetik kemudian, tangan pria itu bergerak membuang sesajen buah dan menendang sesajen nasi. Kebetulan letak sesajen itu berada di atas permukaan tanah yang lebih tinggi sehingga kedua sesajen itu langsung jatuh. (Futuh/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.