Raih Penghargaan dengan Desa SMART

  • Bagikan
Penghargaan
Dokumentasi

kenali.co.id, BERITA DAERAH Tangerang – Saat acara penghargaan forum Indonesia Smart City Conference yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Tangerang, Banten, Selasa (14/12), Program Smart Kampung yang diterapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi kembali meraih penghargaan.

Program Smart Kampung kembali masuk dalam jajaran 100 Smart City 2021 kategori Smart Economy.  Penghargaan tersebut diserahkan Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos Informatika (Dirjen PPI), Ismail, kepada Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

“Program Smart Kampung yang kami gagas untuk memudahkan pelayanan publik hingga tingkat desa, yang dipadu dengan pemberdayaan. Ujungnya adalah meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi warga,” kata Bupati Ipuk saat sambutannya yang dikutip laman Banyuwangikab, Selasa (14/12).

Ipuk juga menjelaskan Program Smart Kampung telah memberi semangat kepada Pemkab Banyuwangi untuk semakin berkarya dalam hal inovasi. Selain itu Program Smart Kampung menggerakkan berbagai sektor di desa. Tidak hanya layanan publik, namun juga sektor ekonomi di pedesaan.

Smart Kampung yang digagas Banyuwangi ini berhasil menghantarkan sejumlah desa berhasil meraih prestasi. Salah satunya adalah Desa Tamansari yang berhasil meraih penghargaan sebagai Desa Wisata juara 1 kategori digital karena penerapan digitalisasi di desa tersebut.

Desa Tamansari menjadi desa wisata  mengoptimalkan potensi dan berbagai jejaring bisnis, dengan BUMDes sebagai leading sektornya. Di desa ini terdapat lebih 300 warga yang terlibat dalam jejaring bisnis desa wisata. Desa Tamansari juga mengoptimalkan digitalisasi dalam membangun dan memperluas jangkauan pasar desa wisata.

Lewat TIK, Desa Tamansari terus mengembangkan jejaring bisnisnya. Saat ini  terhitung 60 UMKM, 50 homestay, puluhan jasa guide wisata, kendaraan wisata, serta beberapa usaha kecil menengah lainnya. Seluruh jenis usaha desa ini melibatkan warganya.

Smart Kampung adalah layanan desa berbasis online yang saat ini telah diterapkan oleh 189 desa. Dengan Smart Kampung, Banyuwangi telah menggunakan sistem online di berbagai urusan daerah.

Beberapa penghargaan telah diterima oleh Smart Kampung seperti Indonesia Smart Nation Award (ISNA) tahun 2018 dan tahun 2020 untuk kategori Smart Society berupa inovasi penggunaan TIK dalam penanganan dampak sosial pandemik COVID-19.

Pewarta : Yuli Triyanto


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *