Regenerasi ala Jurgen Klopp dan Jalan Liverpool Kian Cerah

Regenerasi
Ketika Jurgen Klopp merayakan juara Liga Champions di Liverpool di tahun 2019.(erman/kenali.co.id)

kenali.co.id, OLAHRAGARegenerasi pemain sangatlah penting untuk perjalanan dan performa sebuah klub sepak bola. Ketika terjadi regenerasi yang teratur dan tepat sasar, performa klub bisa berjalan stabil. Sebaliknya, ketika regenerasi para pemain berjalan timpang, performa klub juga ikut timpang.

Semenjak bergabung dengan Liverpool di tahun 2015, Jurgen Klopp perlahan membangun kekuatan Liverpool. Moh Salah, Van Dijk, Sadio Mane, Allison Becker, N. Keita, D. Jota hingga yang terkini L. Diaz adalah beberapa nama yang berhasil didatangkan Klopp ke Liverpool dan mereka sukses di tim utama.

Klopp termasuk pelatih yang peka dan jeli dalam melihat dan membeli paraa pemain. Dia sungguh-sungguh mencari pemain yang memang cocok dengan gaya permainannya, yang lebih dikenal dengan gaya gegenpressing.

Yang paling terkini adalah pilihan mendatangkan Diaz dari Porto. Pemain timnas Kolombia menjadi salah satu pemain yang tampil agresif ketika Liverpool menang kontra Chelsea lewat drama adu penalti dan kemudian menjuarai Piala Carabao kemarin (28/2/22).

Dari sisi usia, Diaz berpeluang menjadi salah satu suksesor di lini depan Liverpool. Firmino, Salah, atau pun Mane yang sudah lebih dari 3 musim bersama Liverpool bisa saja terpisah dalam waktu dekat.

Salah belum menyatakan kepastian untuk tetap bertahan di Liverpool. Tempat Firmino di Liverpool juga mulai berkurang.

Selain karena kedatangan Diaz, juga Firmino mendapat persaingan dari Diego Jota. Apalagi musim depan, Firmino berstatuskan bebas transfer.

Bukan tak mungkin, situasi ini bisa mengubah pikiran Firmino untuk untuk pergi dari Liverpool. Apabila ada tawaran menarik, pemain Brasil ini bisa saja pergi ke klub lain.

Di tengah situasi ini, Klopp terlihat sudah mempersiapkan segala kemungkinan. Diaz dipersiapkan untuk menjadi salah satu andalan di lini depan ketika salah satu pemain seperti Firmino atau pun Salah hengkang di akhir musim ini.

Baca Juga :  Ben Simmons Masih Berpeluang Bermain Untuk Nets

Lalu, keberanian Klopp mengorbit para pemain muda. Tren Alexander-Arnold merupakan buah dari keberanian Klopp untuk mempercayakannya di squad utama. Trent menjadi salah satu bek yang produktif bukan saja soal gol, tetapi juga dalam menciptakan assist kepada rekan setimnya(erman/kenali.co.id)