Rekor Indonesia Lawan EAFF Gempor China Korsel

  • Bagikan
info seputar jambi

KENALI.CO.ID, OLAHRAGA –  Wacana pindah dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) akan membuat Timnas Indonesia ‘lebih dekat’ dengan timnas di kawasan tersebut seperti China, Korea Selatan, dan Jepang.

PSSI menyatakan sudah berkomunikasi dengan EAFF mengenai rencana kepindahan yang muncul setelah kekecewaan di Piala AFF U-19, terkait pertandingan Vietnam dan Thailand yang berakhir imbang dan diduga ada main mata.

Jika Indonesia benar pindah maka tim Merah Putih bakal rutin bertemu dengan negara-negara yang ada di kawasan Asia Timur, yakni China, Taiwan, Guam, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Makau, Mongolia, dan Kepulauan Mariana Utara.Dua tahun sebelumnya Indonesia bermain imbang 1-1 dengan Hong Kong. Sementara pada 2013 Indonesia berjumpa dengan China dalam laga yang berakhir seri 1-1.

Merujuk pada data dari RSSSF, World Football, dan FIFA, negara Asia Timur yang paling sering bertemu dengan Indonesia adalah Korea Selatan. Dalam 60 laga, Indonesia menang enam kali, seri delapan kali dan kalah 46 kali.

Negara selanjutnya yang paling sering dijumpai Indonesia dari kawasan Asia Timur adalah Hong Kong dengan 23 pertandingan. Indonesia menang 13 kali serta seri lima kali dan sisanya kalah.

Dalam laga melawan China, Indonesia tercatat kalah dua kali, seri empat kali, dan tumbang 13 kali.

Indonesia punya catatan cukup berimbang ketika bertemu Jepang yakni tujuh kali menang, dua kali imbang, dan delapan kali kalah.

Taiwan baru menang empat kali atas Indonesia, sebaliknya Indonesia mengumpulkan 10 kemenangan atas Taiwan.

Selain itu Indonesia juga pernah bertemu sembilan kali dengan Korea Utara yang berakhir dengan satu kali seri dan delapan kekalahan.

Timnas Indonesia juga bertemu empat kali dengan Mongolia yang disapu bersih dengan kemenangan.

Sementara ada tiga negara EAFF yang belum pernah dihadapi Timnas Indonesia di level senior yakni Guam, Makau, dan Kepulauan Mariana Utara.

Rekor Indonesia Lawan Negara EAFF

Negara Main (Menang-Seri-Kalah)

China 19 (2-4-13)
Taiwan 14 (10-0-4)
Guam –
Hong Kong 23 (13-5-5)
Jepang 17 (7-2-8)
Korea Selatan 60 (6-8-46)
Korea Utara 9 (0-1-8)
Makau –
Mongolia 4 (4-0-0)
Kepulauan Mariana Utara –

 

(alf/kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.