Rumkitlap Solo Gagal Difungsikan Gara-gara Banyak Ular

Rusia
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming dan Gubernur Jateng Ganjar di Rumkitlap Solo. (dimas/kenali.co.id)

Kenali.co.id, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk sementara menunda penggunaan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Benteng Vasternburg sebagai tempat isolasi terpusat (isoter) bagi pasien COVID-19 di Solo. Penundaan itu disebabkan masih adanya penemuan ular di lokasi tersebut. Sebagai gantinya, pemkot memilih menggunakan Graha Wisata Niaga sebagai tempat isoter tambahan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, Nico Agus Putranto mengatakan, pembukaan tempat isoter di Graha Wisata Niaga dilakukan mengingat kapasitas tempat isoter di Ndalem Priyosuhartan hampir penuh. Berbagai persiapan pun telah dilakukan untuk mengoperasikan gedung yang terletak di kawasan Sriwedari itu menjadi tempat isoter.

“Isoter di Priyosuhartan sudah hampir penuh karena kondisinua sudah menampung 37 pasien COVID-19, kita rencana buak di Graha Wisata. Kita sudah siapkan Graha Wisata dan kesiapannya sudah 95 persen, tinggal finishin pagi ini,” kata Nico saat ditemui usai mengikuti upacara hari jadi Kota Solo di Balai Kota Solo, Kamis, 17 Februari 2022.

Dibandingkan dengan Ndalem Priyosuhartan yang merupan eks kediaman mantan Kakorlantas Polri, Djoko Susilo, dia menyebutkan, kapasitas tempat tidur di Graha Wisata Niaga lebih banyak dengan jumlah 80 tempat tidur. Adapun rinciannya untuk lantai bawah kapasitasnya sebanyak 50 tempat tidur dan lantai atas mencapai 30 tempat tidur.

“Kita prioritaskan yang di bawah dulu semua. Setelah yang bawah penuh, nanti baru lantai atas mulai ditempati pasien,” ucapnya.

Sedangkan ketika disinggung mengenai kesiapan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Benteng Vasternburg, Nico mengakui bahwa sebelumnya rumah sakit tersebut akan difungsikan sebagai tempat isoter setelah Ndalem Priyosuhartan penuh. Hanya memanb rencana itu ditunda lantaran ada beberapa pertimbangan. Salah satunya adanya penemuan sebanyak delapan ekor ular saat dilakukan penyisiran di sekitar tenda rumah sakit.

Baca Juga :  Kota Depok Umumkan Kasus COVID Telah Turun

“Rencana kita kemarin mau menggunakan rumkitlap sebelum Graha Wisata. Sebetulnya sudah kita siapkan tapi ketika dicek ke ana kedapatan ada beberapa ekor ular yang ditemukan. Ada beberapa ular lagi yang belum ditemukan sehingga menunggu ditangkap dulu,” ungkapnya.

Seperti diketahui Rumkitlap Benteng Vasternburg dikelola Korem 074 Warastratama Surakarta. Rumah sakit tersebut diresmikan pada Februari tahun lalu untuk menampung para pasien COVID-19 saat terjadi lonjakan kasus di Solo. Hanya sejak bulan November lalu, operasional rumkitlap disetop sementara seiring dengan menurunnya kasus COVID-19 di Solo. (Dimas/Kenali.co.id)