KENALI.CO.ID ● KEJAKSAAN TEMUKAN 50 STEMPEL BERBAGAI JENIS YANG MASIH BASAH KANTOR KPU TANJABTIM ● UANG SITAAN RP 230 JUTA DARI KANTOR KPU TANJABTIM DITITIP KE KAS NEGARA ● 4 RUANGAN KPU TANJABTIM MASIH DIPASANG SEGEL KEJAKSAAN SELAMA 4 HARI ● KETUA KPU TANJABTIM NURKHOLIS TAK MASUK KERJA PASCA PENGGELEDAHAN YANG DILAKUKAN KEJAKSAAN ● SENGKETA LAPANGAN PEMUDA AKSO DANO, PULUHAN WARGA TOLAK PEMASANGAN PLANG PEMERINTAH OLEH JAKSA PENGACARA NEGARA ● TANAH LONGSOR, AKSES JALAN MENUJU 7 DESA DI KECAMATAN BATANG ASAI PUTUS TERIMBUN MATERIAL LONGSOR ● RUMAH WARGA DI DESA BATU PENYABUNG SAROLANGUN NYARIS TERJUN KE JURANG SEDALAM 8 METER AKIBAT TANAH LONGSOR ● KAPOLRES BUNGO TEMUKAN PERALATAN PETI DI DEKAT AREA BANDARA ● KASUS PERCERAIAN DI TANJABTIM SELAMA MASA PANDEMI MENCAPAI 315 KASUS ● KPK MINTA PEMKOT JAMBI MENGOPTIMALKAN PAD DAN TERTIBKAN ASET ● WALIKOTA SYARIF FASHA JADI PEMATERI LITERASI DIGITAL YANG DISELENGGARAKAN DPR RI ● WAWAKO MAULANA PAPARKAN PERKEMBANGAN WISATA DANAU SIPIN DALAM KEGIATAN TEMASEK FOUNDATION URBAN RESILENCE PROGRAMME 2021 ● GUBERNUR AL HARIS LANTIK MUCHLIS SEBAGAI KOMISARIS DAN DAN MUDASIR SEBAGAI DIREKTUR PT JII ● PEMPROV JAMBI TERIMA PIAGAM DAN PLAKAT PENGHARGAAN OPINI WTP DARI KEMENKEU ● GUBERNUR AL HARIS CEK ISOTER DAN RSUD RADEN MATTAHER JAMBI ● ISOTER ASRAMA HAJI DAN BPSDM DITUTUP SEMENTARA KARENA PASIEN SUDAH MENURUN ● KABUPATEN MERANGIN DINYATAKAN NOL KASUS POSITIF COVID-19 ● KASUS AKTIF COVID-19 DI MUARO JAMBI TERUS MENGALAMI PENURUNAN ● SEKOLAH DI BATANGHARI BUTUH 35 ORANG PENGAWAS ● KENALI.CO.ID

Rusia Undang Taliban dalam Konferensi Afghanistan

  • Bagikan

Kenali.co.id, Rusia – Rusia akan mengundang perwakilan Taliban dalam konferensi internasional tentang Afghanistan di Moskow pada 20 Oktober 2021, kata perwakilan khusus Presiden Vladimir Putin untuk Afghanistan, Zamir Kabulov.

Namun ia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang konferensi itu, demikian dilaporkan kantor berita Rusia, Kamis, 7 Oktober 2021.

Pertemuan itu akan mengikuti KTT G20 tentang Afghanistan pada 12 Oktober 2021, yang bertujuan membantu negara itu menghindari bencana kemanusiaan setelah pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban pada pertengahan Agustus.

Moskow menjadi tuan rumah konferensi internasional tentang Afghanistan pada bulan Maret 2021 di mana Rusia, Amerika Serikat, Cina dan Pakistan merilis pernyataan bersama yang menyerukan kepada pihak-pihak yang bertikai di negara itu untuk mencapai kesepakatan damai dan mengekang kekerasan.

Konferensi juga meminta Taliban untuk tidak melancarkan serangan apa pun selama beberapa bulan mendatang.

AS dan sekutunya kemudian menarik pasukan setelah intervensi militer selama 20 tahun. Taliban akhirnya merebut kekuasaan dengan cepat dan pemerintahan sebelumnya runtuh pada Agustus 2021.

Rusia khawatir tentang potensi kejatuhan di wilayah yang lebih luas. Putin telah memperingatkan kemungkinan “ekstremis Islam” menyusup ke bekas republik Soviet di Asia Tengah, yang dipandang Moskow sebagai penyangga pertahanan selatannya.

Setelah pengambilalihan Taliban, Moskow mengadakan latihan militer di Tajikistan dan memperkuat perangkat kerasnya di pangkalan militernya di sana.

Putin pada hari Kamis juga mengadakan panggilan telepon dengan Presiden Tajik Emomali Rahmon membahas situasi keamanan seputar perkembangan terakhir di Afghanistan, kata kepresidenan Tajik dalam sebuah pernyataan yang dikutip Al Jazeera.

Moskow telah bergerak untuk terlibat dengan Taliban dalam beberapa waktu terakhir tetapi tidak mengakui kelompok itu.

Tidak seperti negara-negara Barat yang bergegas mengevakuasi para diplomat setelah Taliban berkuasa, Rusia tetap membuka kedutaannya di ibu kota Afghanistan, Kabul.

Putin mengkritik keterlibatan asing dalam urusan domestik Afghanistan dan mengatakan Moskow telah “belajar” dari invasi Uni Soviet ke negara itu.

Pada 1980-an, Moskow terlibat dalam perang selama satu dekade yang menewaskan hingga dua juta warga Afghanistan, memaksa tujuh juta lebih orang mengungsi dan menyebabkan kematian lebih dari 14.000 tentara Uni Soviet. (Naufal/Kenali.co.id)


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *