Sejarahnya Mobil di Indonesia Pakai Setir Kanan

  • Bagikan

Kenali.co.id,-Jakarta – Indonesia menjadi negara yang mobil-mobilnya mengadopsi setir kanan dan semua kendaraan bermotor berjalan di sebelah kiri. Berbeda dengan kebanyakan negara yang menggunakan setir sebelah kiri dan kendaraan bermotor berjalan di sebelah kanan.

Posisi setir mobil di Indonesia berada di sebelah kanan tidak terlepas dari sejarah penjajahan Belanda.

Kala itu, kendaraan-kendaraan Belanda menerapkan sistem setir kanan, seperti dikutip dari Worldstandarts.eu, Selasa (14/9/2021).

Konsep tersebut kemudian berubah menjadi setir kiri setelah Prancis menjajah Belanda. Namun, sistem setir kanan tetap berlaku di beberapa negara jajahan Belanda

Sistem ini tetap bertahan seiring penjajahan Jepang di Indonesia pada masa Perang Dunia II. Jepang juga menerapkan sistem setir kanan, bahkan sampai sekarang.

Di Indonesia, posisi mengemudi berada di kanan, dengan jalur mengemudi di sisi kiri. Perlu diketehui bahwa di dunia ini ada dua standardisasi dalam lalu lintas, yakni left-driving dan right-driving.

Ada sebanyak 125 negara yang menggunakan aturan right driving. Sedangkan left driving termasuk Indonesia lebih minoritas, karena hanya diunakan di 75 negara saja. Dikutip dari laman BBC, asal-usul setir kanan terkait dengan kebiasaan ketika Inggris berada di bawah kekuasaan Romawi.

Saat itu, Tentara Romawi berbaris di sisi kiri jalan dan konvensi ini terus berlaku di Inggris sampai sekarang. Setelah kehanjuran bangsa Romawi, Inggris yang merupakan negara penjelajah kemudian membawa kebiasaan tersebut ke negara koloni dan beberapa negara lainnya.

Selain Indonesia, beberapa negara lain juga menerapkan sistem setir kanan, seperti Australia, Bangladesh, Inggris, Malaysia, Hong Kong, dan India.

Berbagai negara di Afrika Selatan pun banyak yang menggunakan konsep tersebut.(Riani/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *