Sekda Kota Jambi A. Ridwan Hadiri Rakernas Apeksi XVII Tahun 2024 di Kota Balikpapan

KENALI.CO.ID, JAMBI – Sekretaris Daerah Kota Jambi Drs. H. A. Ridwan, M.Si mewakili Pj Wali Kota Jambi  menghadiri Rakernas XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang diselengarakan di Kota Balikpapan Kalimantan Timur, selasa (4/62024).

Rakenas ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan di kota berbeda setiap tahunnya, pada tahun 2024 ini perhelatan Rakenas XVII APEKSI ini di selenggarkan di Kota Balikpapan Kalimantan Timur.

Rangkaian Rakernas APEKSI di awali dengan jamuan makan malam “Welcome Dinner” dan peringatan HUT 24 APEKSI pada senin malam (3/6/2024) di Halaman Balai Kota Balikpapan, dihadiri oleh seluruh Wali Kota anggota APEKSI.

Kegiatan Rakernas APEKSI dilanjutkan dengan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII Tahun 2024 yang di gelar di Balikpapan Sport and Convention Center, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, di buka langsung oleh Presiden Republik Indonesi Joko Widodo. Selasa (4/6/2024).

Dalam sambutannya, Jokowi sebagai Kepala Negara RI menegaskan pentingnya persiapan yang matang menuju kota masa depan dalam menghadapi tantangan, di mana pada tahun 2045 mendatang 70 persen penduduk Indonesia diprediksi akan tinggal di perkotaan.

Menurut Presiden, rencana kota yang detail untuk setiap kota di Indonesia penting dilakukan. Hal tersebut agar fenomena seperti di Eropa atau Amerika, di mana kota-kota menjadi mencekam akibat tingginya tingkat pengangguran dan jumlah orang yang menjadi tunawisma, tidak terjadi di Indonesia.

“Kita tidak ingin itu terjadi di negara kita Indonesia,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah ingin menjadikan kota-kota di Indonesia sebagai kota masa depan yang nyaman, layak huni, dan dicintai oleh penduduknya. Namun, Presiden mengingatkan bahwa tantangan besar seperti kemacetan sudah mulai dirasakan di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Balikpapan, Surabaya, Bandung, dan Medan.

Baca Juga :  Pemkot Jambi Dapat Hadiah Ulang Tahun dari Pemprov Jambi

Oleh sebab itu, Presiden turut menekankan pentingnya mempersiapkan transportasi massal di setiap kota di Indonesia. Presiden Jokowi menyebut bahwa saat ini terdapat alternatif pembangunan transportasi massal, salah satunya adalah ART (autonomous rapid transit).

Di sisi lain, Presiden Jokowi juga menekankan bahwa kota masa depan bukanlah sekadar kota modern dengan gedung pencakar langit yang tinggi, melainkan kota yang ramah terhadap pejalan kaki, penyandang disabilitas, pesepeda, dan lingkungan. Selain itu, penghijauan kota turut menjadi salah satu fokus utama untuk menciptakan kota yang sejuk dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *