Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Risoles, Lumpia, dan Sosis Solo

  • Bagikan
info seputar jambi

kenali.co.id, KULINER- Memang tidak akan pernah berhenti untuk berinovasi sehingga membuatnya semakin bisa diterima oleh semua orang dengan selera yang berbeda-beda.

Sama halnya dengan tiga kudapan favorit banyak orang Indonesia yaitu risollumpia, hingga sosis solo.Ketiga jajanan tersebut menjadi snack favorit dari berbagai kalangan masyarakat yang terus dicari setiap harinya.

Meskipun penampilan luar dari ketiga makanan ini terlihat sama, ternyata ada perbedaan antara risol, lumpia, dan sosis solo yang masih belum diketahui oleh semua orang.

Secara garis besar, tiga makanan ini dibungkus dengan kulit luar yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan telur.

Teknik pembuatan hingga bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kulit risol, lumpia, dan sosis solo kurang lebih sama

Namun yang membuat tiga jenis makanan ini berbeda adalah isiannya. Lantas, apa sajakah jenis isian yang biasanya dimasukkan ke dalam gulungan risol, lumpia, hingga sosis solo?

  • Risol

Risol atau dikenal dengan nama lain risoles ini umumnya memiliki jenis isian yang terdiri dari wortel, kentang, dan daging ayam.

Ketiga bahan tersebut dimasak dengan bumbu putih untuk kemudian dilumuri tepung panir atau tepung roti sebelum digoreng.

Saat ini risol sangat diminati oleh banyak pecinta kuliner sehingga banyak orang yang kemudian mengkreasikan isian di dalamnya. Salah satu yang paling terkenal adalah risol mayo yang berisi potongan telur, daging ham, dan saus mayonaise.

  • Lumpia

Selama ini masyarakat Indonesia sudah familiar dengan makanan khas kota Semarang ini. Jika dilihat dari luar, lumpia memiliki tekstur kulit yang garing dengan isian berupa tumisan sayuran di dalamnya.

Jenis sayuran yang jadi isian lumpia umumnya adalah tauge, wortel, bengkoang, hingga rebung. Saat ini di setiap daerah, jenis isiannya mungkin saja bisa berbeda.

  • Sosis Solo

Meskipun namanya sosis solo, tapi isiannya bukan sosis, lho! Jajanan ini juga memiliki bentuk yang sama seperti lumpia yang melalui proses penggorengan di minyak panas, sehingga penampilan kulit luarnya terlihat garing dan renyah.

Sosis solo ternyata berisi daging ayam atau daging sapi yang digiling. Daging tersebut ditumis dengan bumbu kemudian digulung dengan kulit lumpia lalu digoreng.

Nah itulah informasi tentang perbedaan antara risol, lumpia, dan sosis solo. Pastikan sebelum membeli cari tahu dulu isiannya ya, biar nggak keliru! Semoga bermanfaat.*intan/kenali.co.id

 


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *