Solar Sering Kosong di SPBU

  • Bagikan
Pertamina
Ilustrasi antrean kendaraan melakukan pengisian BBM di SPBU

Kenali.co.id, JAMBI Bahan bakar minyak Solar, Dexlite dan Pertamina Dex sempat menghilang dari sejumlah SPBU di Kota Jambi dalam tiga hari terakhir. Pemerintah memastikan tak ada kelangkaan.

Pantauan Metro Jambi  pada Kamis (9/12) pagi, antrean truk dan kendaraan pribadi terlihat memadati sejumlah SPBU untuk mendapatkan solar dan sejenisnya. Di antaranya terlihat di SPBU Nusa Indah dan SPBU Simpang Rimbo.

Sementara untuk Premium, Pertalite dan Pertamax, tidak bermasalah. “Sudah tiga hari saya melihat SPBU-SPBU dipadati truk yang mengantre Solar dan sejenisnya, Dexlite atau PertaminaDex,” ujar Agus, warga Telanaipura.

Dia bahkan sampai berkeliling Kota Jambi untuk mencari Solar, tapi tidak berhasil. Dia juga menyayangkan ramainya kembali truk-truk ke dalam Kota Jambi untuk mendapatkan BBM Solar.

Petugas SPBU Nusa Indah yang dikonfirmasi Metro Jambi menyatakan bahwa BBM jenis Solar tidak kosong, melainkan belum masuk ke SPBU. “Beberapa hari ini ada terus kok, cuma menunggu mobilnya lagi di jalan,” ujar petugas tersebut.

Kepala Biro Ekonomi Setda Provinsi Jambi Johansyah memastikan bahwa Provinsi Jambi tidak mengalami kelangkaan BBM Solar. “Itu keliru. Sebenarnya bukan langka, tetapi keterlambatan pengiriman saja,” ujarnya, Kamis (9/12).

Katanya, masuknya truk ke dalam kota untuk mengantre BBM di sejumlah SPBU sudah ditertibkan Pemkot. “Pengaturan lalu lintasnya telah diakomodir oleh Dishub,” tambah  Johan.

Sementara Kabag Perekonomian Setda Kota Jambi Jambi Evridal Asri menyatakan bahwa soal keterlambatan pengiriman BBM itu bisa ditanyakan ke SKK Migas. “Suplai  dari mereka tidak serentak,” ujarnya

Kepala Dinas Perindag Kota Jambi Yon Heri juga membantah adanya kelangkaan solar.  Menurut dia, kemungkinan ada kendala lapangan sehingga suplai dari depo Pertamina ke SPBU terlambat.

“Mungkin ada kendala yang sifatnya terkait mekanisme pasar,” katanya. (Dhea/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *